Kawasan Pusat Belanja Utama Melbourne Akan Larang Orang Merokok, tapi...

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2019, 07:01 WIB
Ilustrasi kota Melbourne, Australia (AFP/Christopher Futcher)

Liputan6.com, Melbourne - Bourke Street Mall, kawasan belanja utama di kota Melbourne akan segera memberlakukan larangan merokok di sana. Jadi, kalau Anda berkunjung, hati-hatilah agar tidak merokok di area tersebut.

Namun mereka yang merokok menggunakan alat elektronik yang biasa disebut vaping masih diperkenankan.

ABC Indonesia yang dikutip Minggu (15/9/2019) melaporkan, larangan ini akan diterapkan mulai dari Elizabeth Street sampai ke Russell Place, dan termasuk jalan untuk pejalan kaki, jalur tram dan juga jalan untuk kendaraan umum.

Dari konsultasi yang sudah dilakukan oleh City of Melbourne, mayoritas warga dan dunia usaha mendukung larangan merokok tersebut.

 

2 of 2

Respons Warga

Berhenti Merokok
Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Dari 3.100 orang yang ditanyai, 83 persen di antara mereka mendukung larangan merokok, dan juga 83 persen dari 170 pemilik bisnis di kawasan tersebut mendukung larangan merokok.

Menurut peraturan yang sudah diberlakukan di negara bagian Victoria sejak tahun 2017, vaping juga dilarang di kawasan yang sudah bebas rokok.

Namun Wali Kota Melbourne Sally Capp mengatakan vaping ini akan mendapat perkecualian dalam peraturan di pusat kota Melbourne tersebut.

"Saya kira semua orang sedang berusaha membuat aturan mengenai vaping, yang sampai sekarang belum ada aturannya," kata Capp kepada ABC Radio Melbourne.

"Ada sekitar 60 ribu pekerja dan pengunjung yang mendatangi Bourke Street Mall setiap harinya."

"Kami merasa penting untuk memastikan ini akan menjadi lingkungan yang aman dan menyenangkan."

"Mereka semua berhak menikmati lingkungan yang bebas asap rokok."

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait