Sukses

Kawasan Pusat Belanja Utama Melbourne Akan Larang Orang Merokok, tapi...

Berhati-hatilah kalau Anda mengunjungi kawasan Bourke Street Mall di Melbourne Australia. Dalam waktu dekat zona itu akan bebas rokok.

Liputan6.com, Melbourne - Bourke Street Mall, kawasan belanja utama di kota Melbourne akan segera memberlakukan larangan merokok di sana. Jadi, kalau Anda berkunjung, hati-hatilah agar tidak merokok di area tersebut.

Namun mereka yang merokok menggunakan alat elektronik yang biasa disebut vaping masih diperkenankan.

ABC Indonesia yang dikutip Minggu (15/9/2019) melaporkan, larangan ini akan diterapkan mulai dari Elizabeth Street sampai ke Russell Place, dan termasuk jalan untuk pejalan kaki, jalur tram dan juga jalan untuk kendaraan umum.

Dari konsultasi yang sudah dilakukan oleh City of Melbourne, mayoritas warga dan dunia usaha mendukung larangan merokok tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Warga

Dari 3.100 orang yang ditanyai, 83 persen di antara mereka mendukung larangan merokok, dan juga 83 persen dari 170 pemilik bisnis di kawasan tersebut mendukung larangan merokok.

Menurut peraturan yang sudah diberlakukan di negara bagian Victoria sejak tahun 2017, vaping juga dilarang di kawasan yang sudah bebas rokok.

Namun Wali Kota Melbourne Sally Capp mengatakan vaping ini akan mendapat perkecualian dalam peraturan di pusat kota Melbourne tersebut.

"Saya kira semua orang sedang berusaha membuat aturan mengenai vaping, yang sampai sekarang belum ada aturannya," kata Capp kepada ABC Radio Melbourne.

"Ada sekitar 60 ribu pekerja dan pengunjung yang mendatangi Bourke Street Mall setiap harinya."

"Kami merasa penting untuk memastikan ini akan menjadi lingkungan yang aman dan menyenangkan."

"Mereka semua berhak menikmati lingkungan yang bebas asap rokok."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini