Mudah, Begini 4 Teknik Pijat Pengurang Nyeri Leher yang Bisa Dilakukan Sendiri

Oleh Liputan6.com pada 13 Sep 2019, 18:04 WIB
Leher Sakit, Tanda Kolesterol Tinggi? (Rido/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah merasakat sakit nyeri di bagian leher, dan terkadang sakit di daerah itu membuat mata sedikit kunang-kunang bahkan sulit menggerakan kepala ke arah yang kita inginkan.

Sulit bagi kita jika ingin menghilangkan rasa nyerinya, seperti ingin pasrah tapi malah membuat hari baik menjadi buruk. Tapi ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan sendiri untuk meringankan nyeri yang dirasa leher, tanpa bantuan orang lain.

Dikutip melalui Brightside.me, Jumat (13/9/2019) begini empat teknik memijat diri sendiri untuk meredakan sakit di leher.

2 of 5

1. Pijat dengan Handuk

Sakit Leher
Sakit Leher

Teknik memijat dengan handuk ini bisa membuka otot-otot di leher yang rapat, sehingga bisa mengembalikan kelenturan leher. Serta, teksturnya yang lembut tidak akan melukai atau membahayakan leher.

Caranya cukup mudah, letakkan handuk di belakang leher anda. Tarik handuk ke depan dengan kedua tangan anda, berikan tekanan ringan pada leher anda.

Perlahan putar kepala anda ke kiri dan tahan posisi ini selama beberapa detik. Lalu putar kepala anda ke kanan dan tahan posisi ini selama beberapa detik.

Tarik handuk ke depan saat anda memutar. Pastikan anda tidak menarik handuk terlalu kuat dan tidak melakukan gerakan mendadak.

3 of 5

2. Memijat Otot Punggung Leher

Bahaya Membunyikan Leher, Bisa Sampai Strok
Ilustrasi sakit leher. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

Letakkan tangan kiri anda di atas otot leher yang terletak di belakang telinga kiri anda. Berikan sedikit tekanan pada area tersebut.

Perlahan putar kepala anda ke kanan sambil memberikan tekanan. Pastikan jari-jari anda tidak bergerak, dan hanya kepala anda yang bergerak. Ulangi di sisi satunya.

Dengan jari-jari anda, pijat area yang sama dengan gerakan memutar lembut untuk meningkatkan aliran darah dan melepaskan ketegangan.

4 of 5

3. Meremas Otot Samping Leher

6 Gerakan Sederhana Buat Kamu yang Mengalami Sakit Leher
Jangan malas, inilah 6 gerakan sederhana buat kamu yang kini sedang mengalami masalah sakit leher. (Foto: huffpost.com)

Duduklah dengan keadaan tegap, dan letakkan telapak tangan di sisi leher anda. Bawa sedikit kepala Anda ke belakang dan miringkan dengan lembut ke kiri.

Remas otot kiri-belakang leher Anda sehingga terasa. Lalu biarkan kepala Anda miring ke kanan dengan lembut.

Setelah itu remas otot-otot punggung kanan leher.

Teruslah meremas otot-otot sisi kanan dan kiri mulai dari bagian bawah leher anda dan perlahan-lahan bergerak ke atas.

5 of 5

4. Pijat Otot Bagian Suboksipital

Leher Tegang dan Sakit Kepala,Tanda Kolesterol Tinggi?
Leher Tegang dan Sakit Kepala,Tanda Kolesterol Tinggi?

Otot suboksipital berada di bawah tengkorak kepala, otot ini mudah menegang yang mengakibatkan sakit kepala, sakit leher, bahkan mual. Otot-otot ini terasa lunak tepat di bawah tulang tengkorak.

Dengan kedua tangan Anda, berikan tekanan lembut pada otot-otot suboksipital di sisi kanan dan kiri leher. Condongkan kepala ke belakang dan terus berikan tekanan dan bergerak naik dengan jari-jari Anda.

Perlahan tundukkan dagu ke dada, dan saat anda menurunkan kepala, gerakkan jari-jari anda ke arah luar.

Ulangi siklus ini beberapa kali dan pastikan Anda tidak merasakan sakit saat melakukan pijatan mandiri ini.

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓