Sukses

13-9-1899: Henry Bliss, Korban Tewas Pertama Akibat Kecelakaan Kendaraan Bermotor

Henry H. Bliss orang pertama yang ditabrak oleh taksi ketika menyeberang jalan di New York City. Dia meninggal pada hari berikut karena luka-lukanya.

Liputan6.com, New York - Kisah tragis ini menimpa Henry H. Bliss saat turun dari trem pada 13 September 1899. Namanya tercatat dalam sejarah menyedihkan karena menjadi orang pertama yang yang meninggal akibat tertabrak kendaraan bermotor di dunia bagian Barat.

Kala itu Henry baru saja turun dari sebuah tram di depan sebuah taksi listrik yang akhirnya menabraknya. Keesokan harinya ia menghembuskan akhir.

Sebuah plakat kini terpampang di tempat di mana ia menemui ajal, di West 74th Street and Central Park West. Setelahnya, tempat itu dikenal sebagai lokasi paling rawan kecelakaan oleh para pengendara.

Henry yang dikenal sebagai seorang pebisnis real estat itu ditabrak oleh taksi listrik (yang umum pada saat itu) yang dikemudikan oleh Arthur Smith. The New York Times memberitakan hal tersebut dengan mengatakan bahwa, "Henry terbentur trotoar, dan kepala serta tubuhnya dilindas oleh roda kendaraan tersebut yang mengakibatkan tengkorak kepada dan dadanya hancur."

Ternyata, penumpang dalam kabin taksi itu adalah Dr. David Orr Edson, putra dari mantan Wali Kota New York City Franklin Edson. Ia berusaha membantu Henry hingga ambulans tiba, namun setibanya di rumah sakit, luka Henry dianggap terlalu parah untuk bisa bertahan hidup.

Henry pun akhirnya ia menjadi korban kematian karena mobil pertama di dunia bagian barat.

Adapun Arthur Smith sang pengemudi taksi listrik, dia ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan. Tetapi kematian Henry dianggap tidak disengaja, dan Arthur dibebaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat ia Tertabrak Dipasang Plakat

Tepat seratus tahun kemudian, pada 13 September 1999, sebuah organisasi kesadaran keselamatan bernama Citystreets menempatkan sebuah plakat di lokasi tersebut. Bunyinya:

"Di sini, di West 74th Street dan Central Park West, Henry H. Bliss turun dari sebuah trem dan tertabrak oleh sebuah mobil pada malam 13 September 1899. Ketika Mr. Bliss, seorang pria real estat New York, meninggal keesokan paginya karena cidera, dia menjadi korban kematian kendaraan bermotor pertama di Belahan Barat. Tanda ini didirikan untuk mengingatnya pada peringatan seratus tahun kematiannya sekaligus mempromosikan keselamatan di jalan".

Upacara peringatan dihadiri oleh cicit perempuan Henry Bliss, yang menempatkan bunga di situs tersebut.

Di lain tahun pada hari yang sama, yaitu pada 1885, salah satu game yang paling terkenal di dunia "Super Mario Bross" lahir dari 'perut' Nintendo.

Dan pada 13 September 1993 menjadi hari yang begitu bersejarah bagi Israel dan Palestina. Untuk kali pertama di depan publik, pemimpin Israel dan Palestina berjabat tangan.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.