Sukses

Matikan GPS dan Kegiatan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Bikin Cerdas

Berbagai aktifitas sehari-hari berikut, ternyata dapat menunjukkan kecerdasan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memiliki daya ingat kuat, keterampilan yang baik juga bisa dikatakan termasuk orang cerdas.

Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang telah ditentukan sebelumnya. Manusia harus bekerja dengan apa yang telah diberikan oleh-Nya.

Namun, masuknya beberapa penelitian ilmiah terkait fungsi otak, telah membawa pada kesimpulan yang berbeda. Menurut peneliti, ada beberapa kegiatan dan kebiasaan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk membuat diri mereka lebih cerdas.

Dilansir dari msn, berikut ulasan selengkapnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Olahraga teratur membantu menjaga kemampuan kognitif manusia. Peningkatan aliran darah saat berolahraga memberikan makanan kepada neuron dengan oksigen dan nutrisi.

3 dari 11 halaman

2. The Alzheimer Society of Canada merekomendasikan aktivitas baru, atau bertukar tangan ketika melakukan hal yang sudah dikenal untuk mengubah keadaan.

4 dari 11 halaman

3. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin lama menghabiskan waktu belajar, semakin lama juga otak Anda bekerja.

5 dari 11 halaman

4. Mencoba memecahkan teka-teki yang sangat membutuhkan otak juga membuat seseorang cerdas. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang tidak terlalu pasif.

6 dari 11 halaman

5. Menurut Alzheimer Society of Canada, teka-teki silang, dan pencarian kata adalah semua aktivitas yang merangsang otak Anda, contohnya Sudoku.

7 dari 11 halaman

6. Mencoba menghapal nomor telepon orang yang Anda cintai akan membantu melatih daya ingat.

8 dari 11 halaman

7. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, mengepalkan tangan akan menstimulasi aktivitas saraf di lobus frontal --bagian otak yang bertanggung jawab pada bahasa.

9 dari 11 halaman

8. Untuk meningkatkan kinerja, disarankan untuk mencoba maksimal dua tugas sekaligus, lakukanlah aktivitas selama setidaknya 20 menit sebelum pindah ke berikutnya.

10 dari 11 halaman

9. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belajar menulis kursif merangsang beberapa area di otak

11 dari 11 halaman

10. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature menungkapkan, otak mematikan area tertentu dengan sendirinya ketika GPS menunjukkan jalan. Gunakan otak sebagai navigasi dibanding menggunakan GPS.

 

 

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.