Sukses

Cahaya Kembar Kembali Hiasi Langit AS di Peringatan Tragedi 9/11 ke-18

Pertunjukan cahaya kembar berwarna biru kembali digelar dalam rangka memperingati tahun ke-18 tragedi 11 September 2001 atau 9/11.

Liputan6.com, Manhattan - Peringatan tahunan New York in Light digelar dalam rangka mengenang tragedi 9/11 atau 11 September sudah dimulai.  Saat itu, cahaya kembar berwarna biru ditembakkan ke ke langit, sebagai simbol menara kembar yang hancur dalam serangan teror tersebut.

Pertunjukan itu dilakukan dalam rangka memperingati tahun ke-18 tragedi 11 September 2001.

Gambar-gambar yang beredar, seperti dimuat salah satunya oleh Metro.co.uk, Rabu (11/9/2019), menunjukkan cahaya itu dari sisi lower Manhattan hingga Patung Liberty.

Foto lainnya yang diambil dari Bayonne di New Jersey, menunjukkan bulan di antara berkas cahaya kembar.

Itu terjadi ketika New York bersiap untuk menandai peringatan serangan di World Trade Center di mana 2.996 orang terbunuh dan lebih dari 6.000 orang terluka.

Selama serangan, pesawat yang dibajak menabrak menara kembar, Pentagon dan lapangan dekat Shanksville pada 11 September 2001.

Pada upacara yang diadakan di ground zero, akan dilakukan mengheningkan cipta dan lonceng akan berdentang menandai detik-detik pesawat jatuh dan menara kembar runtuh.

Mereka yang jatuh sakit setelah merespons keadaan darurat, seperti petugas pemadam kebakaran, mendapat pengakuan baru tahun ini di Memorial Plaza di ground zero, tempat 9/11 Memorial Glade untuk mengenang korban rampun  pada musim semi ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

# Honor911

CBS News melaporkan, Sudah 18 tahun sejak serangan 11 September yang menewaskan hampir 3.000 orang dalam aksi terorisme terburuk yang pernah dialami bangsa ini.

Pada hari Rabu, Peringatan 9/11 dan Museum akan mengenang para korban.

Seperti yang terjadi pada tahun-tahun terakhir, nama-nama mereka yang terbunuh akan dibacakan pada upacara hari Rabu. Tahun lalu, beberapa keluarga korban menanamkan pesan pengingat, inspirasi, dan perhatian mereka sendiri.

Malam itu, upacara publik yang menampilkan karya seni publik Tribute in Light akan dibuka untuk umum saat matahari terbenam. The Memorial Plaza juga akan dibuka untuk umum mulai pukul 15.00 sore hingga tengah malam.

9/11 Memorial and Museum mengimbau mereka yang mengikuti peringatan tersebut untuk menggunakan tagar # Honor911 di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.