Sukses

Koran Turki Rilis Isi Detail Rekaman Tepat Sebelum Jamal Khashoggi Dijagal

Koran Turki Daily Sabah merilis transkrip rekaman audio detail dari percakapan mengerikan antara tim pembunuh dari Arab Saudi dengan korban mereka, Jamal Khashoggi.

Liputan6.com, Ankara - Transkrip rekaman audio detail dari percakapan mengerikan antara tim pembunuh dari Arab Saudi yang beranggotakan 15 orang dengan korban mereka, Jamal Khashoggi, dipublikasikan sebuah koran Turki pada 9 September 2019.

Percakapan itu merekam kejadian sebelum dan sesudah pembunuhan Khashoggi, yang bertempat di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Jamal Khashoggi merupakan jurnalis dan kolumnis untuk surat kabar Amerika Serikat The Washington Post. Ia adalah eksil Saudi di AS dan dikenal sebagai salah satu kritikus paling nyaring terhadap Monarki Petrodollar yang dipimpin de facto oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Khashoggi diduga dijebak untuk masuk ke dalam konsulat, di mana sebelumnya ia sempat mengatur janji temu guna mengurus dokumen perceraian dengan istri pertamanya dari Saudi; serta dokumen pra-nikah dengan istri barunya.

Namun, pada hari-h, Khashoggi tidak pergi sendiri, melainkan didampingi oleh kekasih sekaligus calon istrinya yang baru, Hatiz Cengiz --warga negara Turki. Perempuan itu menunggu di luar ketika Khashoggi masuk ke dalam konsulat. Curiga kekasihnya tak kunjung keluar, Cengiz melapor kepada otoritas Turki yang awalnya menangani laporan sebagai 'kasus orang hilang'

Pemerintah Saudi membantah terlibat dalam kasus hilangnya Khashoggi, mengatakan bahwa pria itu keluar lewat pintu belakang. Namun, bukti yang berhasil diperoleh intelijen Turki, termasuk rekaman yang kali ini dipublikasikan, menunjukkan bahwa Jamal Khashoggi dibunuh di dalam konsulat.

Setelah membantah berkali-kali, Riyadh akhirnya mengakui kematian Khashoggi, namun menolak bahwa pucuk pimpinan tertinggi monarki terlibat dalam peristiwa tersebut.

Saudi konsisten mengklaim bahwa Jamal Khashoggi tewas dalam "operasi peringkusan yang berjalan keliru" oleh sebuah kelompok intelijen "yang bergerak di luar wewenang pucuk pimpinan kerajaan."

Namun, beberapa pihak, termasuk Turki, menuduh bahwa tidak mungkin elite monarki, termasuk Putra Mahkota, tak mengetahui operasi tersebut. Apalagi, beberapa dari anggota tim dan pengatur operasi adalah bagian dari lingkaran dalam Pangeran bin Salman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isi Rekaman

Rekaman yang dipublikasikan oleh the Daily Sabah diperoleh Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) dan dibagikan kepada aparat penegak hukum Turki terkait yang melakukan penyelidikan pada insiden itu, serta dengan para pejabat dan lembaga internasional --termasuk Direktur Badan Intelijen AS (CIA) Gina Haspel.

Audio berisi rekaman percakapan antara Maher Abdulaziz Mutreb, orang nomor dua dari regu pembunuh, dan Dr. Salah Muhammed Al-Tubaigy, kepala Bukti Forensik di Departemen Keamanan Umum Saudi yang bertugas memotong-motong tubuh Jamal Khashoggi.

Rekaman itu tertanda pukul 13.02 tanggal 2 Oktober, sekitar 12 menit sebelum Khashoggi tiba di gedung konsulat.

Percakapan antara keduanya, yang termasuk di antara lima tersangka yang menghadapi hukuman mati di Arab Saudi terkait pembunuhan itu, adalah sebagai berikut --persis sebagaimana dikutip dari the Daily Sabah (11/9/2019):

Mutreb: Apakah mungkin memasukkan mayat ke dalam tas?

Al-Tubaigy: Tidak. Terlalu berat, sangat tinggi juga. Sebenarnya, saya selalu bekerja pada mayat. Saya tahu cara memotong dengan sangat baik. Saya belum pernah bekerja pada tubuh yang hangat, tetapi saya juga akan mengaturnya dengan mudah. Saya biasanya memakai earphone dan mendengarkan musik ketika saya memotong mayat. Sementara itu, saya menyesap kopi dan merokok. Setelah saya memotong-motongnya, Anda akan membungkus bagian-bagian itu ke dalam kantong plastik, memasukkannya ke dalam koper dan membawanya keluar (dari gedung).

Al-Tubaigy juga terdengar mengatakan: "Atasan saya di Bukti Forensik tidak tahu apa yang saya lakukan. Tidak ada yang melindungi saya."

Di akhir pembicaraan, Mutreb bertanya apakah "hewan yang akan dikorbankan" telah tiba. Pada pukul 1:14 siang, seorang anggota regu pembunuh yang tidak dikenal mengatakan "[dia] ada di sini."

3 dari 4 halaman

Dibius, Disekap, dan Dimutilasi

Menurut rekaman yang dirilis, Khashoggi disambut oleh wajah yang dikenalnya atau seseorang yang dia kenal --menurut Daily Sabah yang mendengar bagaimana reaksi Khashoggi saat bertemu mereka.

Dia diberitahu bahwa Konsul Jenderal Mohammad al-Otaibi juga hadir di gedung itu. Pertama, dia diundang dengan sopan ke kantor konsul di lantai dua. Ketika dia mulai curiga, dia ditarik dan kemudian berkata, "Biarkan aku pergi, apa yang kamu lakukan?"

Begitu Khashoggi memasuki ruangan, Mutreb mengatakan: "Silakan duduk. Kami harus membawa Anda kembali (ke Riyadh). Ada pesanan dari Interpol. Interpol meminta Anda dikembalikan. Kami di sini untuk membawa Anda."

Khashoggi menanggapi: "Tidak ada tuntutan hukum terhadap saya. Tunangan saya menunggu saya di luar."

Pada satu titik, terdengar Khashoggi mengatakan: Ada handuk di sini. Apakah Anda ingin saya diberi obat bius?

Al-Tubaigy: Kami akan membuat Anda tidur.

Setelah dia diberi obat bius, Khashoggi mengatakan: "jangan tutup mulut saya" sebelum kehilangan kesadarannya.

"Aku menderita asma. Jangan lakukan itu, kamu akan mencekikku." Ini adalah kata-kata terakhir Khashoggi.

Para pembunuhnya telah mengenakan kantong plastik di atas kepalanya, dan dia akhirnya akan mati lemas. Perkelahian dan perjuangan kemudian mendominasi rekaman, dengan sesekali pertanyaan dan arahan dari regu pembunuh terdengar di antaranya.

"Apakah dia tidur?" "Dia mengangkat kepalanya," "terus mendorong," "dorong dengan baik."

Sebelum Khashoggi menghela nafas terakhirnya, bunyi benturan dan sesak napas berlanjut untuk sementara waktu. Kemudian fase postmortem dimulai, yang meliputi suara memotong-motong tubuh Khashoggi.

Tepat pukul 13.39, suara gergaji otopsi terdengar. Prosedur biadab ini berlangsung setengah jam.

4 dari 4 halaman

Situasi Terkini

Khashoggi terbunuh dan terpotong-potong oleh sekelompok operasi Saudi di konsulat negara itu di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Awalnya menyangkal dan kemudian meremehkan insiden itu sebagai pembunuhan tak sengaja dalam perkelahian, Riyadh akhirnya mengakui hampir tiga minggu setelah kejadian bahwa Khashoggi dibunuh dengan cara yang direncanakan tetapi menyangkal keterlibatan keluarga kerajaan.

Insiden itu disalahkan pada pejabat tingkat bawah, termasuk lima yang kini menghadapi hukuman mati karena keterlibatan mereka.

Seorang jaksa penuntut umum Saudi mengatakan pada akhir Maret bahwa mereka akan mencari hukuman mati untuk lima tersangka di antara 21 yang terlibat dalam kasus tersebut. Ankara mengatakan pernyataan itu tidak memuaskan dan menuntut kerja sama yang tulus dari Riyadh.

Tubuh Khashoggi belum ditemukan dan kerajaan tetap diam.

Pakar hak asasi manusia PBB yang melakukan penyelidikan independen terhadap pembunuhan Khashoggi, Agnes Callamard, mengatakan dalam sebuah laporan bulan lalu bahwa negara Arab Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Laporan itu juga menemukan "bukti kredibel" yang menghubungkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dengan pembunuhan Khashoggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.