Top 3 Global: Sejumlah Asteroid Melintasi Bumi Mencuri Perhatian

Oleh Liputan6.comRizki Akbar HasanRaden Trimutia Hatta pada 10 Sep 2019, 10:30 WIB
Asteroid (0)

Liputan6.com, Jakarta - Perkiraan mengenai asteroid yang datang ke Bumi menjadi artikel terpopuler di kanal Global Liputan6.com pada Senin 9 September 2019. Asteroid ini konon sangat dekat dengan Bumi pada Senin malam atau Selasa dini hari.

Kabarnya NASA pun memantau apakah benda luar angkasa ini akan menghantam Bumi atau hanya melintas.

Masih membahas tentang asteroid, artikel benda melintasi langit malam di Inggris, diduga warga adalah asteroid, juga menjadi sorotan publik. 

Asteroid bernama God of Chaos diprediksi oleh astronom akan menghantam Bumi pada 2029. Tak main-main, benda ini memiliki kekuatan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima. Artikel ini juga menjadi berita populer.

Simak ulasan selengkapnya Top 3 berikut:

2 of 4

Asteroid Lintasi Bumi, Apakah Menghantam?

Asteroid
Ilustrasi Oumuamua, asteroid yang berasal dari 'dunia lain'. (Foto: ESO/M. KORNMESSER)

Badan antariksa Amerika (NASA) menemukan adanya asteroid yang tengah meluncur dari ruang angkasa dengan kecepatan hampir 50.000 mph menuju Bumi. Asteroid ini akan sangat dekat dengan Bumi pada Senin malam atau Selasa, 10 September dini hari.

NASA memperkirakan batu itu akan datang paling dekat ke Bumi sekitar pukul 08.13 malam waktu BST. Jalan lintas asteroid sedang dilacak Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA (CNEOS) di Institut Teknologi California.

Selanjutnya...

3 of 4

Diduga Asteroid, Benda Aneh Ini Ada di Langit Inggris

Asteroid Aneh
Asteroid Gault yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble mengungkapkan penghancuran diri secara bertahap, yang berubah jadi material berdebu yang terlontar, membentuk dua ekor yang panjang, tipis, dan mirip komet. (NASA)

Petugas kepolisian dari Devon dan Cornwall di Inggris menggelar operasi pencarian besar-besaran untuk mencari puing-puing yang diduga asteroid. Operasi dijalankan setelah mereka menerima laporan warga yang melihat benda bercahaya misterius jatuh dari langit.

Selengkapnya...

4 of 4

Sebuah Asteroid Diperkirakan Hantam Bumi Pada 2029

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (iStock)
Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (iStock)

Asteroid bernama God of Chaos, yang memiliki 65.000 kali kekuatan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, berpeluang besar menabrak Bumi. Para astronom memprediksi, asteroid berukuran 370 meter itu menghantam Bumi pada 2029.

Baca selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓