Sukses

Malam Ini Saturnus Sembunyi di Balik Bulan, Bisa Disaksikan Mata Telanjang

Ketika Saturnus menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati dengan mata telanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena astronomis terjadi di langit Indonesia, Minggu (8/9/2019) malam ini. Planet Saturnus akan bersembunyi di balik Bulan.

Fenomena astronomis itu disebut Okultasi Saturnus. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), okultasi terjadi ketika sebuah benda langit tampak dilintasi benda langit lainnya berdasarkan sudut pandang pengamat.

"Okultasi terjadi ketika objek berukuran relatif lebih besar menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil jika diamati dari bumi," tulis Lapan di akun twitternya, @LAPAN_RI.

Fenomena ini dapat diamati di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan, dan sekitarnya. Saturnus cukup terang untuk diamati langsung secara bersamaan dengan Bulan, sehingga peristiwa ketika Saturnus menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati tanpa instrumen tambahan atau hanya dengan mata telanjang.

"Hal yang perlu dilakukan sebelum mengamati peristiwa okultasi Bulan terhadap Saturnus ini adalah mencari posisi kedua objek tersebut di langit. Kedua benda langit ini cukup mudah dikenali sehingga tidak akan sulit untuk mencari posisi keduanya," ungkap Lapan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Okultasi Saturnus

Lapan mengungkap ada 14 wilayah yang dapat menjadi lokasi terbaik melihat fenomena Saturnus sembunyi di balik Bulan.

Berikut ini jadwal terjadinya Okultasi Saturnus berdasarkan wilayah yang dibuat Lapan:

Jadwal terjadinya Okultasi Saturnus berdasarkan wilayah yang dibuat Lapan. (Twitter/@LAPAN_RI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.