Sukses

Tabrakan dengan Truk di Yokohama Jadi Bencana Kereta Api Terburuk Jepang Sejak 1963

Suara peluit kereta di Yokohama, Jepang terdengar cukup lama, lalu terjadi tumbukan dengan truk yang menewaskan satu orang.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah truk dan kereta ekspres yang mengangkut sekitar 500 orang bertabrakan di Kota Yokohama -- terbesar kedua di Jepang -- pada Kamis 5 September 2019. Satu orang tewas dan setidaknya 34 orang cedera dalam insiden tersebut.

Kecelakaan itu, yang menghentikan layanan di jalur kereta api yang sibuk ke ibu kota Tokyo, menghancurkan kaca di kompartemen pengemudi dan menggelincirkan tiga dari delapan gerbong kereta. Sejumlah gambar video yang beredar menunjukkan gerbong utama yang tergelincir parah.

"Kru darurat merawat 30 orang yang terluka. Dua di antaranya mengalami cedera serius. Dari mereka yang terluka parah, rumah sakit telah mengkonfirmasi kematian satu orang," kata seorang pejabat pemadam kebakaran kepada wartawan di tempat kejadian seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (5/9/2019).

Truk itu, yang membawa buah, ringsek di antara kereta api dan terbakar setelah tumbukan. Kotak-kotak yang hancur dan sesuatu seperti jeruk dan lemon berserakan di rel ketika penyelamat memadati lokasi.

"Sopir truk itu, seorang lelaki berusia 60-an, tewas," kata petugas pemadam kebakaran. Sementara seorang wanita terluka parah dan tiga orang mengalami luka yang tidak begitu parah, dan yang lainnya menderita luka ringan.

"Terdengar suara pecahan kaca yang sangat luar biasa," kata seorang penumpang kepada penyiar nasional NHK. "Pada saat aku tahu apa yang terjadi, gerbong itu sudah hancur berantakan."

Kereta tergelincir setelah menabrak truk di Yokohama, Prefektur Kanagawa, Jepang, Kamis (5/9/2019). Kepolisian setempat mengonfirmasi bahwa tabrakan terjadi antara sebuah truk dan rangkaian kereta cepat. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Menurut perusahaan kereta Jepang, Keikyu yang mengoperasikan layanan tersebut, pengemudi mengatakan ia telah menggunakan rem darurat tetapi sudah terlambat untuk mencegah tabrakan.

Salah satu penumpang yang dikutip oleh NHK mengatakan dia mendengar peluit kereta cukup lama sebelum merasakan ada tumbukan.

Pihak berwenang, termasuk Kementerian Transportasi Jepang mengatakan mereka sedang menyelidiki penyebabnya tetapi tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut.

"Kecepatan maksimum di sana ditetapkan pada 120kmh dan kami percaya kereta melaju secepat itu," kata juru bicara Keikyu, yang menolak disebutkan namanya, kepada AFP.

"Ada sistem deteksi kejanggalan di sana untuk keadaan darurat dan kasus-kasus seperti truk macet di persimpangan. Sistem ini masuk dan sinyal alarm berkedip-kedip," tambah juru bicara itu.

Truk ringsek setelah tabrakan dengan kereta di Yokohama, Prefektur Kanagawa, Jepang, Kamis (5/9/2019). Si pengemudi truk yang berusia 60-an tahun, kini dalam kondisi kritis di rumah sakit setempat. (Kazuhiro NOGI/AFP)

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memicu Kepanikan

Saksi mata berbicara tentang kebakaran hebat dan kepanikan, dengan gambar TV menunjukkan penumpang yang ketakutan mengalir dari gerbong setelah tabrakan.

Seorang pria yang bepergian dengan gerbong pertama memberi tahu penyiar nasional NHK bahwa ada "suara tiba-tiba" dan bahwa dampaknya membuat orang-orang menjadi sangat lemah.

"Saya melihat nyala api. Kemudian api menjadi semakin kuat. Jadi, semua orang bergegas keluar. Itu panik," kata saksi mata ini.

Orang lain yang menyaksikan kejadian itu mengatakan ada api yang datang dari bagian bawah truk dan bahwa "asapnya mengerikan."

Kecelakaan itu, yang menghentikan kereta di jalur komuter, terjadi di dekat stasiun yang digunakan oleh lebih dari 19.000 orang setiap hari, kata operator kereta itu. Tidak ada kata kapan layanan dapat dilanjutkan.

3 dari 3 halaman

Kecelakaan Terburuk Sejak 1963

Kereta api Jepang memiliki reputasi yang baik untuk keselamatan dan ketepatan waktu dan kecelakaan jarang terjadi.

Awal tahun ini, 14 orang mengalami cedera ringan ketika sebuah kereta tanpa pengemudi di pinggiran kota Tokyo mengambil jalan yang salah dan menabrak buffer.

Pada bulan April 2005, sebuah kereta komuter yang cepat di dekat Osaka melompati lintasan pada tikungan ketat selama jam sibuk pagi hari dan menabrak menara apartemen. Pengemudi dan 106 penumpang tewas dan lebih dari 550 orang terluka.

Kecelakaan itu adalah bencana kereta api terburuk di Jepang sejak 1963 ketika 161 orang meninggal di Yokohama setelah kereta barang bertabrakan dengan sebuah truk dan kemudian ditabrak oleh dua kereta penumpang.

Kecelakaan kereta api paling mematikan di Jepang adalah pada bulan Februari 1947 ketika sebuah kereta penumpang tergelincir di dekat Tokyo, menewaskan 184 orang dan melukai hampir 500 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.