Sukses

Australia hingga Inggris Imbau Warganya soal Wabah Campak di Selandia Baru

Kasus penyakit campak yang merajalela di Selandia Baru sejak Januari lalu, kini kian bertambah.

Liputan6.com, Selandia Baru - Sejak Januari lalu, masyarakat Selandia Baru dilanda campak yang hingga kini kasusnya terus meningkat.

Amerika Serikat, Inggris, dan Australia bahkan mengeluarkan peringatan untuk warga yang bepergian ke Selandia Baru, terkait wabah campak di negara tersebut.

Seperti dilansir oleh Stuff, Kementerian Kesehatan di Selandia Baru mengatakan, siapapun yang berencana untuk bepergian ke Auckland harus memastikan setiap anggota keluarga telah divaksinasi campak.

Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, juga menyarankan agar para pelancong ke Selandia Baru melindungi diri mereka dengan memastikan mereka divaksinasi campak, termasuk campak, gondong, dan rubella.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, Selandia Baru masuk dalam level berbahaya untuk wisatawan yang hendak berkunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inggris Peringatkan Warganya

Pada laman Gov.uk dituliskan, sekitar 200.000 warga negara Inggris mengunjungi Selandia Baru setiap tahunnya.

Begitu pun dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia juga memperingatkan para pelancong tentang wabah campak dan memberi saran para warganya untuk melakukan vaksinasi terkini.

WHO mengatakan, wabah campak terus menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Laporan awal menunjukkan bahwa dalam enam bulan pertama tahun ini, kasus campak adalah yang paling tinggi setelah 2006.

Sebanyak 1.051 warga yang telah didiagnosis terkena campak, dibanding dengan Amerika Serikat--negara dengan 67 kali populasi.

3 dari 3 halaman

Kasus Campak Tertinggi

Dilansir dari laman BBC, Kota Auckland terkena wabah campak terbesar dengan 877 kasus yang dikonfirmasi.

Kementerian Kesehatan Selandia Baru telah mengeluarkan pernyataan yang menyerukan semua orang yang berusia 12 bulan hingga 50 tahun untuk mendapatkan vaksinasi jika belum pernah.

Direktur Pusat Penasihat Imunisasi, Dr. Nikki Turner mengatakan kepada Newshub, bahwa kasus ini "sangat menyedihkan" untuk dicapai.

"Ini sepenuhnya dapat diprediksi dan dicegah, sehingga sangat mengecewakan bagi kami."

Pihak berwenang mendesak siapa pun yang merasa sakit untuk "menjauh dari pekerjaan, sekolah atau tempat-tempat umum, untuk mencegah menempatkan orang lain dalam risiko". 

 

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudera Pasifik.
    kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudera Pasifik.

    Selandia Baru

Video Terkini