6-9-1870: Louisa Ann Swain, Wanita Pertama yang Jadi Pemilih di Pemilu AS

Oleh Liputan6.com pada 06 Sep 2019, 06:00 WIB
Louisa Ann Swain (Public Domain)

Liputan6.com, AS - Louisa Ann Swan adalah seorang wanita kelahiran Virginia pada 1801. Ia adalah wanita pertama di Amerika Serikat yang memberikan suara dalam pemilihan umum, pada 6 September 1870 di Laramie, Wyoming.

Dikutip dari Revolvy, Jumat (6/9/2019), wanita itu diketahui terlahir dengan nama Louisa Ann Gardner. Ia adalah putri seorang kapten laut yang tersesat di lautan saat dia berusia 7 tahun. Dia dan ibunya pindah ke Charleston, South Carolina, tempat sang bunda menghembuskan napas terakhir.

Berakhir sebagai yatim piatu, Louisa pergi ke Baltimore untuk tinggal bersama seorang paman, Ephraim Gardner. Pada 1821, dia bertemu sang pujaan hati Stephen Swain dan akhirnya menikah.

Bersama pasangannya yang merupakan pemilik pabrik kursi, ia melahirkan empat orang anak.

Ketika anak keempat mereka berusia enam minggu, Stephen Swain menjual pabrik kursi dan memutuskan pindah dari Baltimore. Pertama mereka hijrah ke Zanesville, Ohio. Kemudian ke Indiana.

Ketika salah satu putra mereka, Alfred dan keluarga mudanya pindah ke kota baru Laramie, Wyoming pada tahun 1869, Stephen Swain dan Louisa Ann Swan memutuskan tinggal bersama.

Pada 6 September 1870, dia bangun pagi-pagi, mengenakan celemek, selendang dan topi, lalu berjalan di pusat kota dengan ember timah untuk membeli ragi dari pedagang. Dia menuju tempat pemungutan suara dan berencana memberikan hak suara setiba di sana.

Saat itu tempat pemungutan suara belum secara resmi dibuka, tetapi petugas memintanya untuk masuk dan memberikan suara.

Dia dideskripsikan oleh surat kabar Laramie sebagai 'seorang ibu rumah tangga berambut putih. Dirinya berusia 69 tahun ketika menjadi wanita pertama di AS yang memberikan hak suara dalam pemilihan umum.

Setelah pemilihan, Stephen dan Louisa Swain meninggalkan Laramie dan kembali ke Maryland untuk tinggal di dekat anak perempuannya.

Stephen Swain meninggal pada 6 Oktober 1872 di Maryland.

Sementara Louisa Ann Swan mengembuskan napas terakhirnya delapan tahun kemudian, 25 Januari 1880, di Lutherville, Maryland. Jasadnya dimakamkan di Friends Burial Ground.

2 of 2

Sebuah Yayasan Dibangun untuk Mengenangnya

pemilu
ilustrasi pemilu/copyright Shutterstock

Setelah kematian Louisa Ann Swan, pada tahun 2001 yayasan Louisa Swain didirikan (Laramie Foundation) dan didedikasikan untuk melestarikan dan merayakan warisan dan sejarah Swain serta "mendorong pendidikan di bidang demokrasi, hak asasi manusia dan hak pilih".

Yayasan ini mengelola Wyoming House for Historic Women (juga dikenal sebagai Wyoming Women's History House) di Laramie, Wyoming, yang mengenang 13 wanita termasuk Swain. Sebuah patung untuk mengenangnya ditempatkan di depan museum pada tahun 2005.

Lalu pada 6 September 2008 diakui oleh Kongres sebagai hari Louisa Swain melalui House Concurrent Resolution 378.

Selain itu, tragedi terjadi pada 6 September tahun 1901. Penembakan tatkala ribuan orang tengah berkerumun ingin bersalaman dengan presiden AS ke-25, William McKinley yang sedang mengunjungi pameran Pan-American di Buffalo, New York. Ia ditembak dari jarak dekat oleh seseorang bernama Leon Czolgosz.

Dan pada 6 September 1952, pertunjukan akrobat pesawat di Inggris berubah jadi tragedi, karena salah satu kapal terbang menghantam kerumunan penonton yang tengah asyik menonton aksi di udara tersebut.

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓