Sukses

Kecelakaan Misterius di Selandia Baru, Bus Terguling Tewaskan 5 Turis

Lima turis asal Tiongkok meninggal dunia dan beberapa lainnya terluka akibat kecelakaan bus di Selandia Baru.

Liputan6.com, Selandia Baru - Lima turis asal Tiongkok meninggal dunia dan enam lainnya terluka dalam kecelakaan bus di sekitar utara pulau Selandia Baru. 

Polisi setempat menyebut 27 orang berada dalam kendaraan ketika bus mengalami kecelakaan dan terguling di State Highway 5, Selandia Baru pada Rabu (4/9/2019) sekitar pukul 11.00 waktu setempat, seperti dilansir news.sky.com.

Inspektur polisi setempat, Brent Crowe menyebut bus tersebut sedang melakukan perjalanan ke selatan menuju kota. Rombongan bus tersebut berniat menyambangi objek wisata yang terkenal seperti budaya Maori, aktivitas geotermal, termasuk geyser dan kolam lumpurnya.  

Bus tersebut kemudian hilang kendali di tikungan secara misterius, hingga berpindah ke lajur berlawanan, dan akhirnya terguling di jalanan. Berdasarkan penuturan Inspektur Crowe, tidak ada kendaraan lain yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih dalam Penyelidikan

Crowe menyatakan penyebab insiden yang merenggut nyawa wisatawan asing tersebut masih diselidiki oleh pihak kepolisian. Kelengkapan faktor keselamatan dari kendaraan seperti sabuk keselamatan menjadi perhatian kepolisian. 

Ia menambahkan, jika jalan tersebut cukup berbukit serta memiliki beberapa tikungan. Cuaca di daerah tersebut pun bisa dikatakan “tidak menguntungkan”, dengan angin kencang, hujan, dan kabut.  

"Tim penyelidik penyebab kecelakaan serta tim keselamatan kendaraan komersial masih berada di lokasi dan mereka akan mereka akan berada di sana (TKP) dalam jangka waktu tertentu, untuk mencari petunjuk bagaimana kecelakaan tragis tersebut terjadi," pungkas Crowe. 

3 dari 4 halaman

Upaya Penyelamatan Korban

Sebagian besar korban yang terlibat dalam kecelekaan diyakini berasal dari Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Tim penyelamat membantu menyelamatkan penumpang masih hidup yang terjebak di dalam bangkai kendaraan. Beberapa orang masih sanggup untuk berjalan menanggalkan tempat kejadian.

Layanan ambulans St. John menyatakan tiga penumpang terluka diterbangkan ke rumah sakit, satu diantaranya dalam kondisi kritis.

4 dari 4 halaman

Pernyataan Sikap Tiongkok

Seorang diplomat dari Kedutaan Besar China untuk Selandia Baru di Wellington, Liang Zhi mengutarakan bus tersebut membawa sopir, pemandu wisata, dan turis dari Tiongkok. 

Zhi menyebut Duta Besar Tiongkok untuk Selandria Baru sedang dalam perjalanan menuju daerah tempat kejadian perkara di Rotorua.

"Kedutaan kami akan melakukan segala upaya untuk membantu warga Tiongkok yang meninggal dan terluka dalam insiden tersebut," pungkas Liang Zhi.

 

Reporter: Hugo Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.