Sukses

Siswa SMK Indonesia Sabet 15 Medali di Ajang WSC Kazan 2019 Rusia

Sekitar 1.300 peserta dari 78 negara akan unjuk kemampuan dalam kompetisi bergengsi di Kazan, Rusia. Indonesia menyabet.15 medali dari ajang tersebut.

Liputan6.com, Kazan - Kompetisi keterampilan sedunia (World Skills Competition/WSC) yang digelar di Kazan, Rusia pada 22-27 Agustus 2019 telah berakhir. Kegiatan ini merupakan event 2 tahunan yang mempertemukan para kontingen terbaik setiap negara di bidang masing-masing untuk menguji keterampilannya.

Pesertanya adalah vocational high school atau kalau di Indonesia adalah Siswa SMK.

Menurut informasi kemdikbud.go.id yang dikutip Rabu (4/9/2019), wakil Indonesia di WSC 2019 bertanding antara lain di bidang pembuatan kabinet, IT software solutions for business,mobile robotics, terapi kecantikan, tata rambut, teknologi dalam fashion, prototip modelling, plumbing dan heating, servis restoran hingga mekatronik. Sekitar 1.300 peserta dari 63 negara unjuk kemampuan dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Kontingen Indonesia terdiri dari peserta lomba yang terbagi menjadi dua, lulusan SMK yang disebut competitor dan mereka yang sudah bekerja baik sebagai guru SMK maupun bekerja di perusahaan (expert). Jumlah kompetitornya ada 32 orang, sedangkan para expert yang mewakili Indonesia 29 orang.

Sisanya, pimpinan delegasi, delegasi teknis, pimpinan tim dan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Pencapaian

Pada WSC Kazan 2019 ini Indonesia berhasil membawa 3 medali yang terdiri dari 2 medali perak dan 1 perunggu.

Untuk medali perak diraih pada bidang IT Network Systems Administration dan IT Software Solutions for Business dan Medali Perunggu pada bidang Plastic Die Engineering.

Selain itu juga penghargaan medali juga diberikan kepada kontingen dari 12 bidang lainnya yaitu: Web Technologies, Automobile Technology, CNC Milling, Welding, Restaurant Service, Graphic Design Technology, Mechanical Engineering CAD, Hairdressing, Electronics, Industrial Control, Mechatronics, Fashion Technology.

Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia dalam menunjukkan aksinya dalam pentas kejuaraan Dunia. Hal ini juga menandakan bahwa siswa SMK bisa berprestasi di kancah Internasional.

 Menurut akun Facebook Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Indonesia berhasil mengantongi total 15 medali di ajang the 45th WorldSkills Competition di Kazan, Tatarstan - Rusia, 22-27 Agustus 2019.

"Indonesia meraih 2 medali perak dan 1 medali perunggu, serta 12 Medallion for Excellence. Indonesia berada di peringkat 15 dari 63 negara peserta," tulis KBRI di Moskow.

Keterangan tersebut menyebutkan bahwa Indonesia ikut serta dalam 29 dari 56 cabang keahlian yang diperlombakan, dengan jumlah peserta lebih dari 1.300 orang dari 63 negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia