Kapal di Pantai California Terbakar dan Tenggelam, 8 Orang Tewas

Oleh Tanti Yulianingsih pada 03 Sep 2019, 12:01 WIB
Kapal Terbakar dan Kapal Meledak

Liputan6.com, California - Sebuah kapal hangus terbakar di lepas pantai California, kata pihak berwenang AS. Empat jasad sudah ditemukan dan empat lainnya terlihat di dasar laut.

Sementara itu, lima awak kapal selam komersial Conception dilaporkan lolos dari kobaran api.

Api dilaporkan mulai berkobar pada Senin 2 September 2019 dini hari. Kapal itu berlabuh hanya beberapa meter dari Pulau Santa Cruz, sekitar 90 mil (145 km) arah barat Los Angeles.

Pada konferensi pers, seperti diberitakan BBC yang dikutip Selasa (3/9/2019), Sheriff Bill Brown mengatakan 39 orang berada di atas kapal ketika kebakaran terjadi. Penyebabnya sejauh ini belum diketahui.

"Empat jasad yang ditemukan sejauh ini - dua pria dan dua wanita dewasa - dan empat lainnya ditemukan di dasar laut," tegasnya.

"Perahu itu tidak stabil dan kami tidak yakin kapan bisa menemukan jasad (di dasar laut) dan yang mungkin masih berada di kapal," paparnya.

2 of 3

Detik-Detik Kapal Terbakar

Kapal Terbakar dan Kapal Meledak
Ilustrasi Foto Kapal Terbakar (iStockphoto)

Menurut laporan penjaga pantai, panggilan mayday atau darurat diterima pukul 03.30 waktu setempat (10.30 GMT). Saat itu diberitahu bahwa kapal itu terbakar, menurut Kapten Monica Rochester, komandan penjaga pantai sektor Los Angeles / Long Beach.

Laporan mengatakan beberapa penumpang kemungkinan terjebak di bawah geladak. Mereka yang lolos dari api diduga tidur di kabin utama bukan pada bagian bawah kapal.

Mereka terjaga dan melompat dari jembatan kapal sebelum kapal penolong bernama The Grape Escape tiba dan menyelamatkan mereka. Satu orang dilaporkan mengalami luka ringan.

Sheriff Brown berspekulasi bahwa oksigen atau tank propana diduga meledak selama kebakaran, tetapi tidak ada tanda hal itu yang memicu kebakaran.

"Tidak ada dalam (mayday) laporan dari kapal ... mengindikasikan ada ledakan awal," katanya.

Kapten Rochester mengatakan kapal itu sepenuhnya sudah memenuhi peraturan keselamatan, dan tidak pernah mengalami pelanggaran sebelumnya. Dia mengatakan upaya pencarian akan berlanjut hingga Selasa pagi, tetapi harus siap untuk hasil terburuk.

Sheriff Brown mengatakan api itu "mungkin skenario terburuk yang mungkin Anda miliki" ketika berada di atas kapal, seperti di perairan terbuka saat malam hari dengan kebanyakan orang tertidur di bawah geladak.

"Api adalah momok bagi kapal mana pun," katanya. "Dari semua skenario ... kamu tidak bisa membayangkan situasi yang lebih buruk."

3 of 3

Kapal Akhirnya Tenggelam

20151220-Ilustrasi Kapal Tenggelam-AFP Photo
Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Bagian ujung kapal Conception dilaporkan mencuat dari air. Sisanya tenggelam 20 yards atau sekitar 18 meter dari pantai utara Pulau Santa Cruz, pada kedalaman 64 kaki (20 m).

Kendati demikian operasi pencarian dan penyelamatan masih berlanjut.

Dijalankan oleh perusahaan selam bernama Truth Aquatics, yang memiliki peringkat 4,5 pada Trip Advisor, Conception digunakan untuk perjalanan sewaan di Taman Nasional Kepulauan Channel.

Itu adalah hari terakhir dari perjalanan scuba diving Conception untuk tiga hari pada Hari Buruh selama akhir pekan.

Menurut tata letak kapal yang beredar, armada itu memiliki tiga baris ranjang ganda dengan ruang mandi di bagian depan kapal.

"Bantal, selimut, lampu baca, tirai, dan penyimpanan pribadi disediakan," kata situs web perusahaan itu memaparkan fasilitasnya.

Lanjutkan Membaca ↓