Hati-Hati, 5 Makanan Ini Meningkatkan Potensi Mimpi Buruk Saat Tidur

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 02 Sep 2019, 19:40 WIB
Ilustrasi mimpi buruk (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Film-film menyeramkan, acara kriminal TV yang menegangkan, obat-obatan, dan stres semua dapat menyebabkan mimpi buruk.

Tapi tahukah bahwa makanan yang Anda pilih juga bisa mengurangi kualitas tidur Anda?

Makanan yang Anda konsumsi, menurut sejumlah riset, dapat secara langsung memengaruhi pola tidur Anda dan kemudian, mengontrol jenis mimpi yang Anda miliki di malam hari --termasuk potensi mimpi buruk.

Jika Anda menikmati sedikit ngemil sebelum tidur, Anda mungkin ingin berpikir dua kali tentang makanan yang Anda pilih.

Berikut, 5 makanan yang bisa meningkatkan potensi mimpi buruk saat tidur, seperti dikutip dari Livescience, Senin (2/9/2019).

2 of 6

1. Sambal dan Saus Pedas

Ilustrasi cabai (iStock)
Ilustrasi cabai (iStock)

Anda mungkin pernah mendengar bahwa makanan pedas dan saus pedas menyebabkan mimpi buruk, dan Anda mungkin pernah mengalaminya sendiri.

Menurut penelitian terbaru, rumor itu benar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi saus pedas sebelum tidur mengalami kesulitan tidur dan mengalami mimpi yang menegangkan.

Makanan pedas mengubah suhu tubuh yang mengubah formasi mimpi. Sebuah penelitian oleh sebuah universitas di Australia juga menunjukkan bahwa saus pedas mengganggu pola tidur.

Peserta dalam penelitian ini diberi saus pedas dan mustard dengan makanan malam mereka untuk menilai perubahan, jika ada, dengan kebiasaan tidur mereka.

Saus meningkatkan total waktu mereka terjaga, menyebabkan mereka tidur dan bermimpi buruk. Saat saus meningkatkan suhu tubuh, aktivitas otak terganggu dan mimpi buruk dapat diproduksi.

3 of 6

2. Kue-Kue

kue
ilustrasi kue/Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Sebagai seorang anak, Anda diberi tahu bahwa gula sebelum tidur adalah ide yang buruk. Kita tahu bahwa gula dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Tapi itu juga bisa menimbulkan mimpi buruk. Itulah mengapa sebaiknya Anda menjauhi kue dan kue sebelum melompat ke tempat tidur.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology, 31 persen dari mereka yang diteliti melaporkan mimpi aneh setelah makan makanan seperti kue dan cake.

4 of 6

3. Keju

keju
ilustrasi keju/Photo by rawpixel.com from Pexels

Ketika datang ke makanan yang paling mungkin memberi Anda mimpi buruk, peringkat keju di dekat bagian atas.

Dalam studi yang sama yang disebutkan sebelumnya, susu (di mana keju berasal) memiliki persentase tertinggi terkait mimpi buruk.

Hampir 44 persen peserta melaporkan memiliki mimpi yang mengganggu alam setelah mengonsumsi keju dan produk susu lainnya.

Pada tahun 2005, British Cheese Board merilis sebuah penelitian yang menghubungkan keju dengan mimpi buruk.

Awalnya, penelitian itu dilakukan untuk menyanggah mitos bahwa keju dapat menyebabkan beberapa mimpi buruk.

British Cheese Board menggunakan beberapa jenis keju dalam penelitian, dan beberapa dari mereka membuktikan bahwa hasil penelitian mendukung hipotesis: bahwa keju menyebabkan mimpi buruk.

Di sisi lain, beberapa keju ditemukan menghasilkan mimpi aneh dan hidup. Keju Stilton menyebabkan 85 persen partisipan wanita melaporkan mimpi aneh, sementara 75 persen pria juga mengalami hal demikian.

5 of 6

4. Keripik Kentang

Rahasia Membuat Keripik Kentang Sendiri di Rumah Super Renyah
Ingin membuat snack keripik kentang sendiri di rumah? Agar renyah dan lezat intip rahasianya berikut ini. iStockphoto)​

Makanan berminyak seperti keripik kentang buruk bagi kesehatan Anda karena mengandung banyak kalori serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa makan makanan seperti keripik menyebabkan partisipan kurang tidur dan bangun sepanjang malam.

Hasil mereka menunjukkan bahwa tidur yang baik tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Studi yang diterbitkan dalam Frontiers of Psychology menunjukkan bahwa sekitar 12,5 persen dari semua mimpi yang mengganggu disebabkan oleh makanan berminyak seperti keripik.

Makanan camilan berlemak juga dapat mengganggu saluran pencernaan Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk tidur nyenyak di malam hari. Tubuh Anda akan bekerja lembur untuk mencerna makanan saat Anda mencoba untuk tidur.

6 of 6

5. Minuman Bersoda

20160823-Minuman Soda
Ilustrasi Foto Minuman Soda (iStockphoto)

Secara teknis, minuman bersoda bukanlah makanan. Tetapi apa yang Anda minum sebelum tidur sama pentingnya dengan makanan yang Anda konsumsi.

Minuman bersoda, dengan mayoritas mengandung kafein, membuat Anda sulit tidur.

Ada beberapa alasan mengapa soda buruk bagi tubuh.

Sebagai contoh, mereka dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, menyebabkan diabetes, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Soda juga bertanggung jawab atas berbagai kondisi kesehatan, tetapi mereka juga dapat menyebabkan mimpi buruk karena kandungan gula dan kafeinnya.

Kafein secara langsung merangsang otak, bahkan saat tidur, yang dapat membantu mengarah pada mimpi yang tidak menyenangkan.

Ketika otak berjuang untuk rileks sepenuhnya karena asupan kafein, itu menyebabkan Anda tidur dengan menghasilkan beberapa mimpi aneh.

Menghindari kafein empat hingga delapan jam sebelum tidur dapat mengurangi risiko mimpi buruk.

Jika Anda sensitif terhadap kafein, cobalah untuk menghindarinya hingga 12 jam sebelum tidur.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by