Sukses

3-9-1995: Lahirnya Salah Satu Pionir Situs Online Shop Terbesar di Dunia

Hari ini, pada tahun 1995 pasar online terbesar di dunia 'eBay' didirikan oleh Pierre Omidyar.

Liputan6.com, Jakarta - Situs daring eBay merupakan salah satu pionir pasar online  duni, juga termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Para penjual yang menjual barang di tempat itu sangat beragam, mulai dari penjual pasar besar hingga penjual pasar kecil.

Hingga saat ini, eBay memiliki lebih dari 162 juta pengguna aktif di seluruh dunia dengan lebih dari 800 juta item yang dijual pada waktu tertentu.

Hari ini, pada tahun 1995 pasar online terbesar di dunia itu ditemukan oleh seorang laki-laki berumur 28 tahun bernama Pierre Omidyar di San Jose, Amerika Serikat. Sejak awal, Pierre bermaksud untuk menjadikan eBay sebagai pasar bagi penjualan barang dan jasa bagi individu, demikian seperti dikutip dari brandeis.edu, Senin (2/9/2019).

Dilahirkan di Paris pada tahun 1967, Pierre pindah ke Baltimore, Maryland, ketika ayahnya yang seorang dokter diterima di Johns Hopkins University Medical Center. Pierre memiliki minat pada komputer saat remaja --di mana ia lebih suka bermain di komputer sekolah daripada menghadiri kelas olahraga.

Kepala sekolah melihat potensi Pierre dan, bukannya menghukumnya karena bolos kelas olahraga, mempekerjakannya untuk menangani pemrograman dan mencetak kartu katalog perpustakaan dengan upah US$ 6 per jam.

Setelahnya ia menekuni apa yang ia mau, dan melanjutkan pendidikannya pada bagian komputerisasi.

Demi Sang Pacar

Salah satu yang menarik dari berdirinya eBay adalah keinginan Pierre untuk membantu tujuan pacarnya saat itu.

Pacar Pierre, yang kemudian menjadi istrinya, adalah penyuka dan pengumpul dispenser Pez. Dia frustrasi dengan internet dan pencariannya untuk menemukan kolektor Pez lainnya.

Dalam upaya membantu pacarnya, Pierre menciptakan sebuah area di situs webnya untuknya menjangkau para kolektor dan jejaring Pez lainnya dengan orang-orang yang berpikiran sama di ruang kolektor.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Situs Pasar Online Terbesar di Dunia

Dikutip dari thebalancesmb.com, pada 3 September 1995 Pierre meluncurkan situs bernama Auction Web, yang akan berkembang menjadi eBay yang kita kenal sekarang. Dia tidak bisa membayangkan bahwa idenya akan meledak menjadi sesuatu yang sekarang menjadi sangat terkenal.

eBay muda cukup sederhana menurut standar saat ini — tanpa jaminan, tanpa biaya, tidak ada interaksi pihak ketiga hingga perselisihan moderat, dan tanpa platform pembayaran.

Pierre dan pacarnya terkejut melihat bahwa berbagai koleksi, barang bekas, dan barang-barang acak mulai muncul di situs. Dalam lima bulan, eBay mengungguli akun pribadi Pierre dan harus dipindahkan ke platform bisnis. Anggota dikenakan sedikit biaya untuk mendaftar di situs.

eBay terus tumbuh dengan pesat dan Pierre mengatakan kepada New York Times dalam sebuah wawancara bahwa "begitu banyak cek yang menumpuk di pintu saya sehingga saya harus menyewa bantuan untuk membuka semuanya," kata pria yang sekarang memiliki kekayaan sekitar US$ 11 miliar.

Sejak awal tahun 1995 eBay telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan merupakan salah satu perusahaan yang paling dikenal dalam sejarah. Beberapa statistik dari 2016 yaitu, 162 juta pengguna aktif, 25 juta penjual, 800 juta item yang terdaftar, 279 juta unduhan di aplikasi eBay, dan 11.600 karyawan.

Selain itu, meski eBay awalnya dimulai sebagai pasar untuk para kolektor. Hingga saat ini apa pun dan segala sesuatu terdapat dan dijual di situs tersebut.

Selain itu, 3 September 2004, sekelompok pria dan wanita bertopeng mengenakan sabuk berisi bahan peledak, menyerbu ke sekolah di Rusia, menembaki orang-orang di halamannya.

Serta, Revolusi Amerika secara resmi berakhir ketika wakil-wakil Amerika Serikat, Inggris Raya, Spanyol dan Perancis menandatangani Perjanjian Paris pada 3 September 1783.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.