Sukses

Masuk Pekan ke-13, Demonstrasi Hong Kong Dipenuhi Kekerasan dan Penangkapan

Memasuki pekan ke-13 demonstrasi Hong Kong, menjadi semakin ricuh dengan berbagai kekerasan dan penangkapan demonstran.

Liputan6.com, Hong Kong - Memasuki pekan ke-13, demonstrasi di Hong Kong diselimuti tembakan gas air mata dan api yang berserakan. Polisi melepaskan dua tembakan peringatan ke atas dan kembali meluncurkan meriam air untuk kedua kalinya sepanjang kerusuhan.

Para demonstran juga melemparkan bom molotov dan benda-benda lainnya ke polisi. Tercatat 51 orang ditangkap di jalan dan stasiun kereta bawah tanah.

Dikutip dari CNN, Senin (2/9/2019), sebuah rekaman video dari stasiun kereta bawah tanah Prince Edward di Kowloon menunjukkan para petugas mengejar dan memukuli orang-orang dengan tongkat ketika mereka melakukan penangkapan. Mereka yang ditangkap telah dituduh "berpartisipasi dalam majelis yang tidak sah," "kerusakan kriminal," dan tuduhan lainnya.

Akhir-akhir pekan ini memang polisi memperketat penjagaan karena tingkat keagresifan para demonstran meningkat. Bentrok ini berlanjut hingga Minggu pagi waktu setempat, di mana kerumunan yang marah berkumpul di luar kantor polisi Mong Kok.

Ratusan orang terdengar berteriak dan mengejek, dan di seberang jalan, mobil membunyikan klakson untuk menunjukkan dukungan mereka kepada para pengunjuk rasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Demonstrasi yang Tidak Beraturan

Polisi telah membarikade jalan-jalan utama di sekitar Kantor Penghubung China, yang mewakili pemerintah daratan, tetapi di kantor-kantor utama pemerintah Hong Kong protes berubah menjadi lebih ricuh.

Konfrontasi antara pengunjuk rasa dan polisi bergerak melalui kota - pada satu titik diselingi api besar dari barikade dan tumpukan puing-puing yang segera dipadamkan polisi.

Demonstrasi besar-besaran pro-demokrasi pada awalnya telah direncanakan untuk hari Sabtu tetapi dibatalkan setelah penyelenggara gagal mendapatkan izin dari polisi.

 

Reporter: Windy Febriana

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.