Sukses

Tarik Calon Investor, Menlu RI Resmikan Migas Corner di Kuwait

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan Migas Corner di KBRI Kuwait City pada tanggal 1 September 2019.

Liputan6.com, Kuwait City - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan Migas Corner di KBRI Kuwait City pada tanggal 1 September 2019.

Peresmian Migas Corner ini merupakan bentuk kolaborasi dan inisitiatif baru yang digagas KBRI Kuwait dan SKK Migas.

"Migas Corner akan memudahkan investor di sektor Migas untuk mengetahui potensi eksplorasi Migas dari Sabang sampai Merauke di Indonesia tanpa harus ke Indonesia," kata Retno di Kuwait City, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Senin (2/9/2019).

Hadir dalam peresmian Migas Corner, CEO KUFPEC (Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company), Shaikh Nawaf Al-Sabah dan beberapa investor dan pelaku usaha di bidang Migas di Kuwait.

Migas Corner juga dilengkapi dengan koleksi literatur dan informasi terkini mengenai industri hulu sektor migas di Indonesia dan potensi sumber daya yang dimiliki, serta profil pelaku usaha terkait industri minyak dan gas di Indonesia.

"Melalui kemajuan teknologi, kita akan mendekatkan potensi migas Indonesia kepada investor di luar negeri," tambah Retno.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Industri Hulu Migas

Keberadaan Migas Corner ini akan memberikan informasi secara rinci kepada pemangku kepentingan bisnis migas di Kuwait mengenai berbagai perkembangan industri hulu migas di Indonesia.

"Migas Corner di KBRI Kuwait adalah yang pertama dan kita tidak akan berhenti. Migas Corner juga akan dibuat di Perwakilan RI di seluruh dunia khususnya di negara yang memiliki potensi besar kerja sama di sektor Migas," tambah Retno.

Peluncuran Migas Corner di KBRI Kuwait ini dilakukan sebelum digelarnya pertemuan Sidang Komisi Pertama RI-Kuwait yang dipimpin oleh Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menlu Kuwait, Sheikh Sabah Khaled Al Hamad Al Sabah, pada 2 September 2019 di Kuwait City.

"Saya berharap, Migas Corner ini akan menjadi etalase terdepan Indonesia dalam menarik investor Kuwait di bidang migas di Indonesia," kata Menlu RI.

Saat ini, Indonesia fokus mengeksplorasi 10 titik utama di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan dengan total sumber daya migas yang terevaluasi adalah sekitar 10 miliar setara barel minyak bumi.

Kuwait adalah salah satu mitra energi yang pertama dan terbesar di Indonesia, dengan nilai impor migas dari Kuwait mencapai $ 214 juta (2018).

Nilai perdagangan kedua negara mencapai lebih dari $ 403 juta (2018). KUFPEC, Perusahaan minyak milik Kuwait telah menjadi mitra Indonesia dalam mengeksplorasi potensi migas di Indonesia sejak tahun 1980-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.