Siapa Sangka, Ini 6 Fungsi Lain Kapur untuk Peralatan Rumah Tangga

Oleh Liputan6.com pada 01 Sep 2019, 19:15 WIB
Dinding papan tulis kapur

Liputan6.com, Jakarta - Kapur biasanya digunakan untuk menulis di papan tulis hitam, mainan anak-anak untuk menulis di aspal, atau mungkin kapus bisa mengusir serangga.

Kapur punya banyak kegunaan selain dari yang disebutkan sebelumnya.

Batuan karbonat putih itu tersebut bisa membantu mengurangi masalah peralatan rumah tangga yang biasa dijumpai. Mudah digunakan dan bisa menghemat uang serta waktu.

Dikutip dari Brightside.me, Minggu (1/9/2019) berikut kegunaan lain kapur yang tidak banyak diketahui orang untuk mengurangi masalah umum pada peralatan rumah tangga:

2 of 7

1. Membantu Hapus Noda Lemak Membandel

20170630-Tips mencuci pakaian saat liburan
Apabila persediaan baju bersih sudah habis, tak perlu juga harus beli baju baru. Ya, Anda bisa mencuci baju kotor meskipun sedang mudik atau liburan. (Image: Freepik)

Makanan berminyak seperti kentang goreng, pizza, daging, dan lainnya adalah makanan yang banyak disukai orang. Yang tidak disukai adalah jika saus-saus atau minyaknya jatuh ke pakaian.

Menghilangkan noda minyak dari pakaian - baik itu pakaian atau taplak meja, adalah tugas yang sangat melelahkan, tetapi ternyata kapur bisa mengurangi noda-noda seperti itu.

Alih-alih menyikat noda secara manual dan kemudian membuang pakaian ke mesin cuci, cobalah menggosoknya dengan sepotong kapur dan tunggu 10 menit. Bersihkan kapur ekstra dan kemudian coba cuci bagian kotor ya. Kapur menyerap minyak dan menghilangkannya dengan mudah.

3 of 7

2. Mengurangi Karatan pada Perkakas

Cara Menghilangkan Karat
Cara Menghilangkan Karat (sumber: Michal Jarmoluk/Pixabay)

Oksidasi adalah proses alami. Baik itu alat perkakas atau logam apa pun. Dalam hal ini, karat adalah sesuatu yang akan terjadi ketika mencapai tingkat kelembaban tertentu.

Namun, kapur mencegah karat dengan mudah. Simpan beberapa potongan kapur di dalam kotak peralatan dan biarkan mereka menyerap semua kelembaban di udara.

Selain itu, Saat menggunakan obeng, ambil kapur dan gosokkan pada ujung kecil alatnya. Ini akan membantu untuk membuka sekrup lebih cepat dan mencegah obeng tergelincir.

4 of 7

3. Melindungi Tempat dari Para Semut

Cara Mengusir Semut
Cara Mengusir Semut (Sumber: istock)

Semut pada umumnya adalah makhluk yang tidak berbahaya yang mengurusi urusan mereka sendiri. Bahkan, semut hitam dan taman bahkan tidak menggigit. Namun, orang-orang yang merangkak masuk ke rumah bisa berbahaya karena mereka dapat menarik penyakit. Jika mereka mencapai dapur, mereka dapat mencemari makanan dan membawa kuman penyakit.

Untungnya, semut takut pada kapur dan jika sebuah rumah bermasalah dengan semut, maka kapurlah jawabannya. Garisi bagian yang banyak berkumpul atau biasa dilewati semut.

5 of 7

4. Mengurangi Kekuningan pada Pakaian Putih

Mengapa Orang yang Memakai Kemeja Selalu Terlihat Rapi?
Ilustrasi memakai kemeja. (via: istimewa)

Noda kekuningan yang biasa ada dibagian kerah atau ketiak pada pakaian putih adalah sesuatu yang menyebalkan dan sulit untuk dihilangkan. Sekeras apapun digosok, noda itu sudah seperti menempel dan tidak akan hilang.

Namun, ternyata hanya dengan menggosokkan kapur sebelum dicuci akan membantu mengurangi kekuningan tersbeut.

Kapur membantu mempertahankan warna putih dan menjaga pakaian putih Anda tetap putih cerah. Ini membantu untuk menghilangkan kuning yang tidak diinginkan dan, setelah beberapa kali mencuci, akan ditemukan kekuningan yang benar-benar memudar dari pakaian.

Hal yang sama dapat diterapkan untuk dengan mudah membersihkan kotoran yang menumpuk di sekitar kerah baju. Jika noda benar-benar buruk di sekitar kerah, gosokkan sedikit kapur padanya, diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih.

6 of 7

5. Mencegah Bau Tidak Menyenangkan pada Pakaian di Lemari

5 Kesalahan Remeh yang Buat Pakaian di Lemari Kecil Berantakan
Ilustrasi lemari pakaian. (dok.Dekoruma/Dinny Mutiah)

Bau lemari yang tidak menyenangkan sering kali terjadi, membuat ketidak nyamanan saat hendak menggunakan pakaian, karena berbau lapuk. Tidak hanya itu, kotak tertutup, unit penyimpanan besar, dan setiap ruang kecil lainnya yang tertutup rapat untuk waktu yang lama dapat menjadi pengap dan menghasilkan bau yang tidak diinginkan.

Untuk menghilangkannya, simpan beberapa kapur dalam lemari. Karena sifatnya yang sangat keropos, kapur mampu menyerap jamur dan bau busuk.

7 of 7

6. Menjaga Kuku Bersih dan Sehat

3 Bahan Alami Ini Bisa Buat Kuku Bersih Mengkilap
Ilustrasi kuku mengkilap. (via: istimewa)

Selain menjaga perkakas rumah tangga aman, ternyata kapur juga bisa digunakan untuk membersihkan kuku, agar kuku terlihat cerah dan sehat tanpa perlu ke salon kuku.

Proses ini akan menghilangkan kotoran dan kapur akan membuat kuku Anda tampak cerah dan bercahaya. Hal yang sama dapat diulang untuk kuku kaki juga.

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait