Sukses

Erupsi Gunung Stromboli di Italia Picu Wisatawan dan Warga Lokal Panik

Gunung Stromboli yang meletus secara tiba-tiba menyebabkan kepanikan bagi warga sekitar dan wisatawan.

Liputan6.com, Italia - Terjadi ledakan besar dari Gunung Stromboli di Italia. Letusan gunung itu menyebabkan orang-orang di sekitar, baik warga lokal maupun wisatawan berlarian untuk menyelamatkan diri menghindari hujan batu dan abu, pada Rabu 28 Agustus 2019 waktu setempat. 

Dari sebuah pulau kecil di lepas pantai Sisilia, kepulan asap besar mengepul ke langit akibat letusan Gunung Stromboli.

Petugas pemadam kebakaran menyatakan kebakaran vegetasi dan meluas terjadi akibat letusan gunung tersebut. Material menyala dan terbakar jatuh dari kawah gunung dan berguling ke laut pada saat letusan terjadi, seperti dilansir cnn.com, Jumat (30/8/2019).

Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV), mengatakan ledakan gunung tersebut dapat diklasifikasikan sebagai peristiwa paroksismal -- ledakan sering dalam waktu singkat dengan gejala yang serupa. INGV menambahkan kepulan asap mencapai ketinggian 2 kilometer. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesaksian Wisatawan

Salah seorang wisatawan dari Palermo, Elena Schiera mengungkapkan kepanikan yang dialami pada saat gunung Stromboli tiba-tiba meletus. Elena sempat mengabadikan momen pada saat letusan gunung dengan kamera ponselnya pada saat ia berada di kapal layar yang ditumpanginya.

“Kami berlayar pada jarak aman sesuai peraturan. Tiba-tiba kami mendengar ledakan keras dan melihat awan hitam besar keluar dari kawah Stromboli dan mengalir ke laut,” ujar Elena.

Ia menambahkan untuk menghindari kemungkinan terburuk akibat letusan, kapal yang ia naiki segera tancap gas melarikan diri dari awan panas dan materi letusan. "Kami segera meningkatkan kecepatan maksimal, meskipun sebagai perahu layar kecepatannya masih terbatas," pungkas Elena.

3 dari 3 halaman

Masyarakat Adalah Prioritas

Wali Kota pulau tetangga, Pulau Lipari, Marco Giorgianni mengatakan imbauan perihal mengamankan keadaan penduduk setempat dari letusan Gunung Stromboli.

"Aku tetap mengingatkan perihal perlindungan sipil (masyarakat) dan melarang dok kapal non publik,” ujar Marco Giorgianni

Salah seorang warga Stromboli juga mengatakan tersedia pesawat bagi siapa saja yang ingin meninggalkan pulau akibat terjadinya letusan gunung dan kebakaran di pulau tersebut. 

 

Penulis: Hugo Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini