Sukses

Wabah Campak Merebak di Selandia Baru, Calon Pelancong Diimbau Imunisasi

Selandia Baru meminta para pelancong yang akan berlibur ke Kota Auckland untuk terlebih dulu diimunisasi campak.

Liputan6.com, Wellington - Selandia Baru tengah menghadapi wabah campak terburuk dalam lebih dari 22 tahun. Wellington lalu meminta para pelancong yang akan berlibur ke Kota Auckland untuk terlebih dulu diimunisasi campak.

"Jika Anda berpikir untuk bepergian menuju atau dari Auckland (Selandia Baru), Anda harus memastikan telah divaksinasi setidaknya dua minggu sebelum Anda pergi," kata Menteri Kesehatan Julie Anne Genter dalam sebuah pernyataan minggu ini seperti dilansir dari The Straits Times, Jumat (30/8/2019). 

Termasuk yang harus diimunisasi adalah anak-anak yang berumur lebih dari 12 bulan, kata sumber yang sama.

Di Selandia Baru sendiri, 849 kasus campak telah dilaporkan sepanjang tahun ini. Data itu menunjukkan Negara Kiwi tengah mengalami epidemi campak terburuk di Selandia Baru sejak 1997.

Dari jumlah tersebut, 731 kasus berada di Auckland, dan hampir sepertiga dari mereka datang dalam dua minggu terakhir ketika wabah semakin cepat. Penyebaran penyakit di luar Auckland kali ini telah terbatas, lapor The Straits Times.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Campak Meningkat secara Global

Kasus campak telah meningkat secara global, termasuk di negara-negara industri maju seperti Amerika Serikat dan Jerman.

Di Jerman, beberapa orang dewasa menghindari vaksin sebagian besar karena alasan filosofis atau agama. Selain dua alasan itu, juga karena kekhawatiran menyebabkan autisme. Padahal, asumsi itu telah dibantah oleh ilmu kedokteran.

Di AS, lebih dari 1.200 kasus telah tercatat di 30 negara bagian dalam wabah terburuk sejak 1992, sementara negara-negara lain seperti Inggris dan Jerman juga mencatat jumlah kasus yang lebih tinggi tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudera Pasifik.
    kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudera Pasifik.

    Selandia Baru

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak