Sukses

Sejumlah Aktivis Pro-Demokrasi Ditahan Aparat Hong Kong

Dua aktivis pro-demokrasi Hong Kong telah ditengkap aparat pada Jumat, 30 Agustus 2019.

Liputan6.com, Hong Kong - Dua aktivis pro-demokrasi Hong Kong telah ditangkap aparat pada Jumat, 30 Agustus 2019. Mereka adalah Joshua Wong dan Agnes Chow.

Penangkapan itu terjadi beberapa jam setelah aktivis kemerdekaan Andy Chan ditahan di bandara Hong Kong.

Penangkapan para aktivis ini terjadi menjelang demonstrasi besar yang dijadwalkan akan digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2019 seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat (30/8/2019). 

Partai Demosisto di Hong Kong melaporkan, Joshua Wong yang merupakan sekretaris jenderal parpol, serta seorang anggota senior yakni Agnes Chow telah ditahan dalam kesempatan yang terpisah. Mereka dibawa ke markas polisi Wan Chai.

Saat ditangkap, Wong tengah berjalan menuju stasiun kereta pada Jumat pagi. Ia lalu dipaksa masuk ke sebuah mobil pribadi, menurut pernyataan dari Partai Demosisto. Dua jam berselang, Chow juga ditangkap.

Sementara itu, Chan dilaporkan ditahan saat hendak naik pesawat ke Jepang pada Kamis malam. Ia "dicurigai melakukan kerusuhan dan menyerang seorang polisi", menurut Hong Kong Free Press.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joshua Wong Pernah Terlibat Umbrella Movement 2014

Joshua Wong (24) pernah terlibat dalam gerakan massa pada 2014 lalu, bernama Umbrella Movement. Kala itu ia adalah pimpinannya, yang menyebabkan kemacetan lebih dari dua bulan pada akhir 2014.

Wong telah meminta pemerintah Hong Kong untuk membatalkan undang-undang RUU ekstradisi, yang memicu protes yang sedang berlangsung di wilayah Cina semi-otonom.

Sementara Chow yang juga ditangkap adalah seorang aktivis terkemuka yang berusaha menjadi anggota dewan termuda di Hong Kong.

Chow didiskualifikasi setelah pemerintah mengatakan platform politik partainya melanggar undang-undang pemilihan kota.

3 dari 3 halaman

Sering Terjadi Penangkapan

Penangkapan dan penahanan terjadi ketika krisis politik di kota terus berlanjut, dengan demonstrasi besar lainnya diperkirakan terjadi pada hari Sabtu.

Sabtu menandai ulang tahun kelima penolakan Beijing atas seruan pemilihan umum di kota itu, sebuah keputusan yang memicu Gerakan Payung 79 hari yang dipimpin oleh sebagian besar demonstran muda termasuk Wong.

Izin unjuk rasa massal akhir pekan ini ditolak karena alasan keamanan, sehingga meningkatkan kemungkinan adanya bentrokan pada akhir pekan, antara polisi dan pengunjuk rasa.

Dalam sepucuk surat kepada penyelenggara reli Front Hak Asasi Manusia Sipil (CHRF), polisi mengatakan mereka khawatir beberapa peserta akan melakukan "tindakan kekerasan dan destruktif".

Protes yang sedang berlangsung terhadap pemerintah kota Beijing yang didukung sejak itu telah berkembang menjadi seruan yang lebih luas untuk demokrasi yang lebih besar dan penyelidikan terhadap tuduhan kebrutalan polisi.

Para pengunjuk rasa mengatakan kebebasan di kota semi-otonom, yang unik di China, sedang terkikis oleh Beijing.

Lebih dari 850 orang telah ditangkap sehubungan dengan protes baru-baru ini sejak Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.