Sukses

Pernah Tolak Grab hingga Sebut Indonesia Miskin, Ini 9 Fakta Bos Big Blue Taxi Malaysia

Berikut sejumlah fakta di balik sosok Shamsubahrin Ismail, dikutip dari sejumlah sumber, Kamis (29/8/2019):

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan bos taksi di Malaysia yang menolak kehadiran Gojek dengan menyebut Indonesia sebagai negara miskin kini tengah jadi sorotan.

Dalam video viral yang membuat gelombang kemarahan orang Indonesia, Pendiri Big Blue Taxi Datuk Shamsubahrin Ismail menyatakan Malaysia adalah negara yang kaya, di mana para pemuda tidak miskin seperti rekan-rekan mereka di Indonesia.

"Jika di Indonesia anak muda mereka baik, mereka tidak akan pergi ke luar negeri untuk mencari pekerjaan. Gojek hanya untuk orang miskin seperti di Jakarta, Thailand, India, Kamboja," ucap Shamsubahrin.

Shamsubahrin juga mengatakan, Gojek bisa berkembang di Indonesia karena jalan rayanya yang terlalu sempit untuk kendaraan.

"Kemiskinan di Indonesia terlalu tinggi, gaji tak tinggi. Malaysia tidak bisa seperti itu. Anak muda Malaysia bukan akan miskin, tak datang dari keluarga miskin. Kenapa kita mau menjatuhkan marwah mereka sehingga menjadi tukang Gojek," ujarnya.

Berikut sejumlah fakta di balik sosok bos taksi Malaysia itu, dikutip dari sejumlah sumber, Kamis (29/8/2019):

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pendiri dan Penasihat Big Blue Taxi Malaysia Menurut penelusuran pada akun Twitter Shamsubahrin Ismail, tertulis nama lengkapnya Dato Shamsubahrin Ismail MD TOM. Melalui akun @shamsubahrin itu, dijelaskan bahwa dirinya adalah pendiri dan penasihat untuk BIG BLUE.

3 dari 9 halaman

3. Berasal Dari Kuala Lumpur, ia bergabung di Twitter 2012 dan saat ini mengikuti 3,957 akun dengan follower 776.

4 dari 9 halaman

4. Pada Mei 2018 lalu, menurut Berita Harian, Shamsubahrin Ismail juga meminta pemerintah Pakatan Harapan yang baru untuk membatasi operasi Grab Malaysia di negara tersebut.

5 dari 9 halaman

5. Gara-gara perusahaannya dirampok oleh sopir yang sudah bekerja selama 6 tahun, ia pernah mendukung Grabcar dan Uber terkait layanan berbagi perjalanan.

6 dari 9 halaman

6. Taksi Big Blue diperkirakan akan menggunakan 100 armada listrik mulai Juli atau Agustus ini. Seharusnya diluncurkan pada Mei, tetapi harus diperpanjang untuk mematuhi beberapa proses sebelum disetujui otoritas terkait.

7 dari 9 halaman

7. Shamsubahrin Ismail mengkritik Gojek dan menyebut Indonesia miskin sebenarnya viral belakangan.

8 dari 9 halaman

8. Shamsubahrin juga mengkritik Menpora Malaysia Syed Saddiq yang mengampanyekan Gojek di Malaysia.

9 dari 9 halaman

9. Ia akhirnya meminta maaf atas pernyataan yang dianggap telah merendahkan pekerjaan ojek online dan juga rakyat Indonesia..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.