Paduan Suara Unpad Sabet Sejumlah Penghargaan di Kompetisi Internasional Italia

Oleh Liputan6.com pada 30 Agu 2019, 09:00 WIB
Paduan Suara Mahasiswa (PSM Unpad)

Liputan6.com, Italia - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajarran (PSM Unpad) membawa piala kejuaraan umum pada 67th International Choral Competition di Arezzo, Italia. Perlombaan ini diadakan 22 sampai 24 Agustus 2019.

Dilansir dari Antara, Jumat (29/8/2019), Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik Universitas Padjajaran dalam siaran persnya mengatakan, PSM telah sukses menjadi juara Umum Gran Premio Citta d'Arezzo.

Tidak main-main, PSM Unpad meraih 3 penghargaan sekaligus pada sejumlah kategori yang telah diikuti. Seperti Juara 1 kategori Musica Sacra, Juara 2 Kategori Monographic Program dan Juara 3 kategori Conpulsory Program.

PSM Unpad pun menjadi peserta unggul yang mengalahkan kompetitor dari sembilan negara lainnya.

Dewi Mayangsari, selaku ketua program mengungkapkan persiapan tim membutuhkan waktu 7 bulan. Hal efektif ini dilakukan demi meraih kesuksesan di ajang paduan bergengsi di dunia tersebut.

2 of 2

Penghargaan yang Melimpah

Ilustrasi piala (iStock)
Ilustrasi piala (iStock)

Selain itu, Arvin Zeinullah sebagai konduktor berhasil membawa PSM Unpad memboyong penghargaan khusus, yaitu Special Prize of Best Interpretation for Contemporary Piece from Ferrario 'Ubi Caritas'.

Kebanggaan lain dari paduan suara ini yaitu, PSM Unpad membawa nama Indonesia Kirana sebagai bentuk misi kebudayaan melalui kompetisi dan pagelarn kebudayaan.

Atas kemenangannya, PSM Unpad menjadi paduan suara mahasiswa Indonesia pertama yang melangkah ke babak final European Grand Prix (EGP) for Choral Singing 2020 yang dilaksanakan di Debrecen, Hungaria.

Sebagai informasi, EGP adalah puncak final paduan suara yang tergabung dalam asosiasi kompetisi di Varna-Bulgaria, Tours-Perancis, Arezzo-Italia, Maribor- Slovenia, Debrecen-Hungaria dan Tolosa-Spanyol.

 

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓