Sukses

Kirsten Gillibrand Mundur dari Pencalonannya untuk Pilpres AS 2020

Kandidat preseiden AS, Kirsten Gillibrand, mengundurkan diri.

Liputan6.com, Washington DC - Senator Demokrat, Kirsten Gillibrand dari New York, mengumumkan pada Rabu sore, 28 Agustus 2019 bahwa dia akan mundur dari pencalonan Demokrat untuk pilpres Amerika Serikat 2020.

Penarikan diri Gillibrand terjadi beberapa jam usai adanya pengumuman yang menyebut bahwa dia tidak memenuhi tenggat waktu untuk mengikuti putaran ketiga debat calon presiden Demokrat yang dijalankan oleh Komite Nasional Demokrat (DNC).

Padahal, kampanye Gillibrand menyoroti isu-isu tentang hak-hak perempuan, keluarga pekerja dan pengungkapan hak istimewa kulit putih di Negeri Paman Sam.

Terlepas dari pandangannya yang condong ke kiri (sebelum bergabung dengan Senat AS pada tahun 2009 untuk mengisi posisi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat saat itu, Hillary Clinton), Gillibrand dipandang sebagai seorang Demokrat yang lebih corong ke tengah.

Meskipun dia belum mengesahkan seorang kandidat pengganti, namun Gillibrand mengatakan kepada New York Times bahwa dia yakin sudah waktunya bagi seorang wanita untuk memegang jabatan tertinggi negara.

"Saya pikir, perempuan punya kemampuan unik untuk menyatukan rakyat dan memulihkan negara ini," ujar Gillibrand, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (29/8/2019). "Saya pikir, capres wanita akan menginspirasi dan mengasyikkan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Seorang Capres Dinyatakan Gugur?

Untuk memenuhi syarat debat capres dari DNC yang digelar pada ​​13 September di Houston, Texas, seorang kandidat diharuskan memiliki setidaknya 2% dukungan dalam empat (atau lebih) jajak pendapat yang disetujui DNC antara 28 Juni dan 28 Agustus 2019.

Selain itu, ia juga harus punya sedikitnya 130.000 pendonor unik (dukungan anggaran untuk kampanye), dengan 400 di antaranya berasal dari 20 negara.

Sedangkan para capres yang memenuhi persyaratan debat DNC meliputi: Mantan Wakil Presiden Joe Biden; Senator New Jersey, Cory Booker; Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg; mantan Menteri Perumahan dan Pengembangan Urban, Julián Castro; Senator California, Kamala Harris; Senator Minnesota, Amy Klobuchar; mantan Perwakilan Texas, Beto O'Rourke; Senator Vermont, Bernie Sanders; Senator Massachusetts, Elizabeth Warren; dan pengusaha AS, Andrew Yang.

Pekan lalu, Gubernur Negara Bagian Washington, Jay Inslee, juga mengumumkan bahwa ia akan mundur dari pemilihan presiden tahun 2020.

3 dari 3 halaman

Disindir Donald Trump

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump menanggapi berita mundurnya Kirsten Gillibrand keluar dari pemilihan presiden 2020. Ia mengatakan di Twitter bahwa itu adalah "hari yang menyedihkan bagi Demokrat."

Selama berbulan-bulan, senator wanita asal New York tersebut menerima reaksi keras dari orang-orang terdekat, seperti pemodal Hungaria-Amerika George Soros.

Pada 2017, Gillibrand mengecam keras senator Al Franken untuk segera mengundurkan diri, menyusul tuduhan pelanggaran seksual.

Para kritikus menyatakan, Franken seharusnya diberi kesempatan untuk menjalani persidangan atas kasus tersebut sebelum hengkang dari senat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini