Sukses

Seperti Indonesia, Ini Daftar Hari Libur Nasional Sejumlah Negara di Dunia

Tak hanya Indonesia yang memiliki hari libur nasional. Berikut ini daftar hari libur yang ada pada sejumlah negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan jadwal libur nasional dan cuti untuk 2020. Dipastikan akan ada 16 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama pada tahun depan.

Namun, tak hanya Indonesia yang memiliki hari libur nasional. Di beberapa negara, hari libur nasional dapat diperingati sebagai hari pembebasan, revolusi, konstitusi, merayakan budaya, agama, warisan leluhur, atau pemerintahan baru.

Lalu, hari libur nasional apa saja yang ada di negara-negara di dunia?

Berikut 7 di antaranya, seperti dikutip dari www.scholastic.com, Rabu (28/8/2019):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Independence Day

Tanggal 4 Juli adalah hari libur nasional di Amerika Serikat. Saat hari itu tiba, warga yang tinggal di Negeri Paman Sam menyambutnya dengan suka cita, sebab itu adalah hari kemerdekaan mereka. 

Perayaan pertama kemerdekaan Amerika terjadi pada 8 Juli 1776, di Philadelphia. Upacara dimulai dengan pembacaan Deklarasi Kemerdekaan di luar Gedung Negara (sekarang disebut Independence Hall). Malam itu, penduduk Philadelphia merayakannya dengan pesta api unggun, parade, dan penembakan meriam.

3 dari 8 halaman

2. Spring Bank

Bila hari Spring Bank (Libur Musim Semi) di Inggris telah tiba, maka orang-orang di negara tersebut akan libur dari segala urusan perkantoran dan sekolah. Libur nasional tersebut dirayakan setiap Senin terakhir bulan Mei.

Bagi para buruh, karyawan kantor dan pelajar, Spring Bank adalah hari untuk bersukacita dan berkumpul bersama orang-orang terkasih. Beberapa orang memilih untuk piknik ke luar kota, sedangkan sebagian lainnya memilih untuk tetap bersantai di rumah atau berjalan kaki menikmati kota.

4 dari 8 halaman

3. Labor Day

Di 66 negara, kontribusi para buruh dihormati pada Labor Day atau Hari Buruh. Di Selandia Baru, Hari Buruh diperingati setiap hari Senin keempat pada bulan Oktober.

Selain itu, pada hari tersebut, para pekerja juga melakukan aksi damai untuk delapan jam kerja. Para karyawan dan buruh di Selandia Baru diberikan kebijakan khusus dari pemerintah, yakni satu hari libur tambahan dan tiga hari di akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu) untuk piknik dan kegiatan lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Bastille Day

Libur nasional Perancis ini dirayakan setiap 14 Juli. Orang Prancis menyebutnya Fete Nationale, yang berarti perayaan nasional atau quatorze juillet, yang maknanya 14 Juli.

Hari libur ini juga menandai dimulainya Revolusi Prancis pada 1789.

6 dari 8 halaman

5. Veteran Day

Dirayakan setiap 11 November, hari ini merupakan bentuk penghormatan terhadap para tentara AS dalam semua perang. Kanada menghormati tentaranya pada tanggal yang sama.

Akan tetapi, sebutan hari itu di Kanada adalah Remembrance Day atau Hari Peringatan.

7 dari 8 halaman

6. German Unity Day

Setiap 3 Oktober, penduduk Jerman menandai reunifikasi negaranya (Jerman Barat dan Jerman Timur) yang terjadi pada Jerman pada 1990.

Selama hampir 30 tahun, Jerman Timur dan Barat terpecah. Hari libur nasional ini dirayakan sebagai penanda bahwa kedua pihak telah bersatu kembali.

8 dari 8 halaman

7. Memorial Day

Pada Senin terakhir bulan Mei, orang-orang di Amerika Serikat memperingati dan menghormati para pria dan wanita yang gugur di medan pertempuran. Perang yang dimaksud adalah Civil War atau Perang Saudara.

Pertumpahan darah yang juga disebut sebagai Perang Antar Negara Bagian adalah sebuah perang saudara di Amerika Serikat. Sebelas negara bagian yang berada di wilayah Amerika Selatan mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika yang dikenal sebagai "Konfederasi".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.