Ramai di Kalimantan Timur, Ini Hantu Kuyang Versi Luar Negeri

Oleh Liputan6.com pada 28 Agu 2019, 19:05 WIB
Siluman Kuyang

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan mengenai perpindahan ibu kota Jakarta ke Kalimantan Timur kian menarik perhatian sejak pengumuman resmi dari Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Menariknya, isu tersebut tidak hanya membicarakan tentang letak lokasi atau lainnya. Masyarakat juga mengaitkan dengan hantu Kuyang yang berasal dari Kalimantan dan tengah populer di sana.

Hantu Kuyang adalah sosok siluman berwujud kepala manusia dengan organ dalam tubuh yang menggantung tanpa kulit. Sosok ini dikisahkan terbang berkeliaran mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan.

Konon, Kuyang sebenarnya seorang wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Pada siang hari, hantu Kuyang menjadi manusia biasa yang mengenakan jubah. Lalu saat malam datang, ia terbang mencari tumbal. Masyarakat yang melihat saat terbang, mengaku sosok itu seperti burung besar.

Ternyata hantu serupa Kuyang tidak hanya ditemukan di Indonesia saja, tetapi ada juga di beberapa negara. Dilansir dari beberapa sumber, berikut penjelasannya.

2 of 3

1. Hantu Krasue di Thailand dan Hantu Ap di Kamboja

Ilustrasi Penampakan Hantu
Ilustrasi Penampakan Hantu (Sumber: Pixabay)

Menyerupai hantu kuyang, kedua sosok ini juga terkenal di daerah setempat yang konon sama-sama memangsa bayi baru lahir.

Dilansir dari pri, sosok wanita cantik berdarah Kamboja sering terlihat melayang setiap malam. Bisanya diikuti sebuah cahaya merah.

Seperti Kuyang, hantu ini memiliki kepala dengan organ dalam tubuh yang terbuka. Terdengar mengerikan, namun itulah legenda dari Kamboja.

Begitupun dengan hantu krasue. Masyarakat yang melihat, sosok ini terbang dengan cahaya merah.

Ada yang mengatakan keduanya menyalahgunakan ilmu hitam mungkin dipaksa untuk berubah menjadi Ap dan Krause sebagai hukuman atas kejahatan mereka. Warga sekitar menganggapnya sebagai korban malang yang dimiliki setan.

Mereka mengincar darah, janin pada ibu yang setelah melahirkan. Jika ada darah atau kotoran yang menyebar di rumah Anda, berarti hantu Krause konon ada di sana.

Untuk menghindarinya, konon dengan meletakkan tanaman berduri di luar rumah, diyakini perut hantu itu dapat terperangkap di dalamnya.

3 of 3

2. Hantu Penanggal di Malaysia

Ilustrasi hantu
Ilustrasi hantu (Sumber: Pixabay)

Hantu Penanggal adalah hantu yang populer di negeri Jiran. Banyak warga yang menyebutnya dengan Balan-Balan yang memiliki arti 'lepaskan' atau 'hapus'.

Mengutip dari berbagai sumber di Malaysia, kepala dari wanita ini terpisah dan organ dalam tubuhnya yang menjuntai ke bawah. Organ-organ tersebut berkelap-kelip seperti kunang-kunang ketika Penganggal terbang di malam hari.

Dalam legenda Malaysia, dulunya hantu Penanggal adalah wanita muda cantik yang menggunakan ilmu hitam.

Konon, ia adalah bidan wanita biasa yang telah membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kekuatan gaib. Syaratnya dengan tidak memakan daging selama 40 hari. Namun ia melanggar dan dikutuk menjadi seperti itu.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓