Sukses

Tak Hanya Meong, 8 Suara Ini Punya Arti yang Perlu Diketahui Penyuka Kucing

Komunikasi yang dilakukan kucing memiliki arti-arti tertentu yang mana memberitahu sekitarannya mengenai apa yang mereka mau.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah makhluk hidup, dan pasti juga berkomunikasi dengan caranya sendiri. Mengeong, berceloteh tidak jelas, mengeong lagi, dan mendengkur, ternyata bukan hanya omong kosong dari seekor kucing. Mereka melakukan itu untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya, baik sesama kucing maupun dengan manusia.

Dikutip dari Moderncat.com, Rabu (28/9/2019) jika dilihat dengar gerak-geriknya, memperhatikan apa yang ia mau, manusia bisa memahami apa yang sebenarnya para kucing minta. Hal seperti ini bisa menambahkan keuntungan untuk hubungan antara kucing dan pemiliknya.

Saat melihat seekor burung, kucing biasa bersuara dengan celotehan-celotehan aneh seperti berkicau yang mungkin jarang terdengar pada kucing, mungkin itu juga berarti mereka ingin memburu burung tersebut. Selain terkenal karena suara meong, mendengkur, atau menggeram, kucing bisa bersuara lebih variatif lagi tergantung pesan apa yang ingin mereka sampaikan.

Beberapa mencerminkan senang atau nyaman, sementara yang lain mengungkapkan kekhawatiran, ketakutan, atau bahkan kemarahan. Namun, semua mengindikasikan kondisi pikiran emosional seekor kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Meong

'Meong' dari kucing bisa banyak berarti, biasanya hanya untuk ucapan "Selamat Datang" dan "Aku Lapar". Namun, untuk kucing yang berumur tua, jika 'meong'nya bernada panjang bisa saja karena ia merasakan kesedihan, khawatir, atau keberatan terhadap sesuatu.

3 dari 11 halaman

2. Meracau

Biasanya kucing bersuara seperti mengetuk-ngetukkan giginya saat melihat ke luar rumah, seperti saat mereka melihat burung, atau tupai. Kucing meracau seperti itu terjadi saat indikatornya sebagai pemangsa sedang naik namun dia stres karena tidak dapat memburu mangsanya.

4 dari 11 halaman

3. Mendesis

Mendesis memang identik dengan ular, namun kucing juga bisa mendesis dan suaranya mirip dengan steak yang sedang di panggang. Biasanya kucing mendesis dibarengi dengan kupingnya mengarah ke belakang yang berarti merasa terancam dan siap melawan jika diperlukan.

5 dari 11 halaman

4. Auman

Auman atau biasa disebut dengan Caterwaul, biasanya dilakukan para kucing jika sedang dalam masa birahi atau musim kawin kucing. Teriakan ini terdengar seperti 'Ahh-roo-ung' saat memanggil pasangannya untuk kawin.

6 dari 11 halaman

5. Berteriak

Teriakan kucing bisa diartikan sebagai dua hal, yaitu saat kucing betina merasa kesakitan disaat ia sedang kawin, serta saat kucing jantan dan jantan lainnya berkelahi untuk mempertaruhkan teritorial mereka.

7 dari 11 halaman

6. Menggeram

Geraman kucing biasanya satu paket dengan desisannya saat merasa terancam dan ketakutan. Tidak hanya kucing rumahan, semua jenis kucing termasuk singa dan harimau juga melakukan geraman, ini diartikan mereka akan segera menyerang jika tidak ditinggalkan.

8 dari 11 halaman

7. Mendengkur

Biasanya saat seseorang membelai kucing, mereka akan mendengkur keras tanda mereka senang dan nyaman. Namun, mendengkur juga bisa diartikan saat mereka sedang khawatirjika diringi dengan telinga yang mengarah ke belakang dan tubuhnya tampak tegang.

9 dari 11 halaman

8. Meraung

Aungan kucing bisa diartikan sebagai dua hal, yang pertama adalah keingannya untuk mencari pasangan dan ingin kawin. Tapi, biasanya juga raungan yang berarti mereka merasa bahwa teritori mereka terancam. Namun, jika kucing sering meraung dan tidak berhenti bisa memungkinkan tanda-tanda ia kesakitan.

 

Reporter: Windy Febriana

10 dari 11 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

11 dari 11 halaman

Infografis Tekan Mobilitas Warga Demi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.