Sukses

Donald Trump: Saya Siap Bertemu dan Berdiskusi dengan Presiden Iran Jika ...

Presiden AS Donald Trump mengatakan terbuka melakukan pertemuan dengan Presiden Iran dengan syarat tertentu.

Liputan6.com, Biarritz - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump baru-baru ini mengatakan dia terbuka untuk bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani jika kondisinya tepat.

Pernyataan itu muncul setelah Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif melakukan kunjungan singkat dan tanpa pemberitahuan ke KTT G7 di Biarritz, Prancis, Minggu 25 Agustus.

Dikutip dari BBC pada Selasa (27/8/2019), hubungan AS dan Iran telah memburuk sejak Washington menarik diri tahun lalu dari kesepakatan 2015, yang membatasi kegiatan nuklir Teheran.

Namun pada Senin, Trump mengatakan ia memiliki "perasaan yang baik" tentang prospek kesepakatan nuklir baru dengan Iran.

"Iran bukan negara yang sama seperti dua setengah tahun lalu, ketika saya mulai menjabat," katanya kepada wartawan pada konferensi pers G7, didamping oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.

"Saya benar-benar percaya Iran bisa menjadi negara yang hebat ... tetapi mereka tidak dapat memiliki senjata nuklir," katanya, seraya menambahkan, Teheran harus menjadi "pemain bagus" sebelum dia akan menyetujui pertemuan.

Beberapa jam sebelumnya di Teheran, Rouhani mengatakan dirinya siap untuk bertemu siapa pun jika dia merasa itu akan menguntungkan Iran.

"Jika saya yakin, menghadiri sesi atau mengadakan pertemuan dengan seseorang akan membantu mengembangkan negara saya, dan menyelesaikan masalah rakyat, saya tidak akan ragu untuk melakukannya," katanya.

Pernyataan Trump disampaikan pada penutupan KTT G7, di mana para pemimpin dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan AS, bertemu di Biarritz.

Beberapa isu lain yang dibahas dalam KTT G7 termasuk perdagangan global, kebakaran hutan Amazon, serta perkembangan politik di Ukraina, Libya, dan Hong Kong.

 

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Meningkat Pasca-Penarikan Diri AS

Ketegangan dengan Iran telah meningkat sejak AS secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015, dan memberlakukan kembali sanksi.

Pihak-pihak lain dalam perjanjian tersebut, yakni Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan China, telah berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir.

Pada hari Minggu, Menlu Iran Javad Zarif mengatakan dia telah melakukan pembicaraan "konstruktif" dengan mitra Prancis-nya, dan juga Presiden Macron, di sela-sela KTT G7 di Biarritz.

Macron, yang telah mengambil peran aktif untuk mencoba menyelamatkan perjanjian itu, mengatakan ia telah memberi tahu Trump tentang rencananya untuk mengundang Zarif, setelah berdiskusi dengan para pejabat Iran tentang kemungkinan solusi.

Dia mengatakan dia percaya "syarat untuk pertemuan" antara Trump dan Rouhani "dalam beberapa pekan ke depan" telah ditetapkan.

"Belum ada yang ditetapkan dan segala sesuatunya masih rapuh, tetapi diskusi teknis telah dimulai dengan beberapa kemajuan nyata," katanya, seraya menambahkan bahwa dia telah memberi tahu Rouhani bahwa "jika dia menerima pertemuan dengan Presiden Trump, saya yakin sebuah perjanjian dapat dibuat." ditemukan".

 

3 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Perjanjian Iran

Perjanjian 2015 menempatkan Iran pada pembatasan kegiatan nuklirnya antara 10 dan 15 tahun, sebagai imbalan atas bantuan sanksi.

Kesepakatan itu membatasi pengayaan uranium Iran dan mengharuskannya mengizinkan inspeksi internasional.

Perjanjian tersebut juga menetapkan bahwa Iran harus mendesain ulang reaktor air berat yang sedang dibangun, sehingga tidak dapat menghasilkan plutonium tingkat senjata.

AS menarik diri dari kesepakatan itu pada Mei 2018, dan mengeluarkan daftar 12 "persyaratan" untuk kesepakatan nuklir baru dan pencabutan sanksi AS. Ini termasuk Iran yang mengekang program rudal balistiknya, dan mengakhiri keterlibatannya dalam konflik regional.

Iran telah menggambarkan persyaratan tersebut sebagai tidak dapat diterima.

Pada konferensi pers hari Senin, Trump mengatakan bahwa untuk setiap kesepakatan baru, ia "tidak mencari senjata nuklir, tidak ada rudal balistik dan periode waktu yang lebih lama".

Tidak jelas apakah Rouhani akan menerima persyaratan baru, di mana menurut stasiun televisi milik pemerintah Iran, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Teheran telah menolak pembicaraan tentang program misilnya, sebagai "tidak dapat dinegosiasikan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.