Sukses

Temuan Bom Berisi 70 Kg TNT Picu Pantai Populer Sant Sebastia Barcelona Tutup

Pantai populer Barcelona, Sant Sebastia ditutup akibat temuan bom.

Liputan6.com, Catalonia - Pengunjung Pantai Sant Sebastia Barcelona dievakuasi dari sebagian wilayah tersebut. Langkah itu dilakukan karena temuan sebuah bom yang tidak meledak di air dekat pantai populer itu.

"Pakar bahan peledak memindahkan bom ke laut, tempat bom itu berhasil diledakkan, dalam operasi yang melibatkan angkatan laut Spanyol," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/8/2019).

Perangkat bom diperkirakan berasal dari Perang Saudara Spanyol 1936-39 dan berisi sekitar 70 kg bahan peledak TNT. Seorang petugas polisi menemukan bom pada Minggu 25 Agustus, sekitar 80 kaki (25 meter) dari pantai.

Sejumlah bagian dari Pantai Sant Sebastia, yang menarik jutaan turis setiap tahun, akhirnya ditutup untuk umum pada hari Senin akibat temuan bom tersebut.

Pantai itu, bersama dengan Barceloneta, adalah salah satu yang paling terkenal di ibu kota Spanyol wilayah Catalonia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sangat Mengejutkan

Seorang turis bernama Nadia dari Florida, AS mengatakan: "Saya baru tahu tentang bom itu. Cukup mengejutkan. Kami kira tadinya ada bakteri pemakan daging atau mungkin seseorang yang tenggelam, saya tidak menyangka ada bom dari Perang Sipil Spanyol. Itu cukup mengejutkan, hal yang menarik perhatian di hari ketiga berada di Barcelona."

Menurut EuroNews, tim ahli Angkatan Laut Spanyol kemudian tiba pada hari Senin untuk menonaktifkan perangkat bom. Sejumlah wilayah di Pantai Sant Sebastia akan ditutup hingga dinyatakan aman.

3 dari 3 halaman

Merilis Video Temuan Bom

RTE melaporkan, polisi Spanyol kemudian merilis video yang menunjukkan temuan alat peledak di bawah air yang memicu evakuasi pengunjung di sebuah pantai populer Barcelona.

"Perangkat bom itu diperkirakan berasal dari 80 tahun setelah Perang Sipil Spanyol," kata petugas keamanan.

Polisi lalu menetapkan batas keamanan sekitar 250 meter di sekitar temuan perangkat bom di lepas Pantai Sant Sebastia, salah satu pantai paling populer di Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.