Sukses

China Kirim Sinyal untuk Intervensi Demonstrasi Hong Kong

China telah mengirim sinyal intervensi sejalan dengan meluasnya protes di jalanan.

Liputan6.com, Hong Kong - China telah mengirim sinyal intervensi sejalan dengan meluasnya protes di jalanan Hong Kong. Beijing mengatakan, demonstrasi di kota itu telah berubah menjadi "Revolusi Warna" yang diikuti dengan ditembakkannya meriam air dan gas air mata.

Dalam sebuah komentar, media pemerintah Tiongkok Xinhua News Agency mengatakan, pemerintah China memiliki tanggung jawab untuk campur tangan ketika kerusuhan terjadi di Hong Kong, seperti diwartakan The Straits Times, dikutip Senin (26/8/2019).

Sinyal ini senada dengan laporan badan intelijen AS yang dinyatakan Presiden Donald Trump pada 13 Agustus lalu: pemerintah China telah memindahkan pasukan ke perbatasannya dengan Hong Kong.

Sehari sebelumnya, Global Times, sebuah tabloid China yang dijalankan oleh People's Daily, melaporkan Polisi Bersenjata Rakyat Tiongkok telah berkumpul di Shenzhen menjelang "latihan berskala besar".

Dalam kesempatan itu, banyak personel membawa pakaian lapis baja. Sementara truk dan kendaraan lain dari dinas militer bergerak ke kota tetangga Hong Kong. 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protes Tidak Lagi Damai?

Dalam komentar pada Minggu, Xinhua mengatakan protes Hong Kong telah berubah menjadi Revolusi Warna yang bertujuan untuk membalikkan institusi konstitusional Daerah Administratif Khusus itu. Laporan media China itu disinyalir menjadi sebuah sinyal siap untuk pemerintah mengambil tindakan lebih lanjut.

Domonstran Hong Kong baru-baru ini telah bergerak dari gerakan damai nirkekerasan menjadi sebaliknya, seperti terjadinya bentrokan dengan aparat.

Tindakan kekerasan pengunjuk rasa telah mendorong Hong Kong ke tepi yang sangat berbahaya, menurut pemerintah kota dalam sebuah pernyataan.

3 dari 3 halaman

Polisi Kembali Meringkus Demonstran, Termasuk Anak di Bawah Umur

Sementara itu setidaknya 36 demonstran Hong Kong telah ditangkap oleh kepolisian setempat, menurut pernyataan aparat pada Senin 26 Agustus 2019. Mereka ditangkap setelah insiden demonstrasi anti-pemerintah yang terus meningkat, dengan para pengunjuk rasa melemparkan bom molotov ke pasukan keamanan yang menanggapi dengan meriam dan gas air mata.

Pada demonstrasi Minggu, terjadi bentrokan sengit antara polisi dan demonstran seperti dilansir dari Channel News Asia.  Aksi itu sebagai kelanjutan gelombang protes sejak beberapa bulan lalu, di mana masyarakat Hong Kong menolak RUU ekstradisi yang memungkinkan mereka dikirim ke China daratan untuk diadili.

Dalam demonstrasi Minggu, enam petugas mengeluarkan pistol dan satu petugas menembakkan tembakan peringatan ke udara, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

"Meningkatnya aksi-aksi ilegal dan kekerasan para pemrotes radikal tidak hanya keterlaluan, mereka juga mendorong Hong Kong ke ambang situasi yang sangat berbahaya," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Polisi mengatakan mereka menangkap 29 pria dan tujuh wanita, berusia 12 hingga 48 tahun, karena pelanggaran termasuk majelis yang melanggar hukum, kepemilikan senjata ofensif dan menyerang petugas polisi.

Bentrokan pada Sabtu dan Minggu menandai kembalinya kerusuhan setelah berhari-hari demonstrasi yang lebih tenang. Protes, yang meningkat pada bulan Juni karena RUU ekstradisi yang sekarang ditangguhkan, telah mengguncang Hong Kong selama tiga bulan, kadang-kadang menyebabkan gangguan serius termasuk memaksa penutupan bandara.

Kota itu, pusat keuangan utama Asia, menghadapi krisis politik terbesarnya sejak penyerahan kekuasaan dari pemerintahan Inggris pada tahun 1997.

Para pengunjuk rasa mengatakan mereka sedang berjuang melawan erosi pengaturan "satu negara, dua sistem" di mana Hong Kong kembali ke Cina dengan janji kebebasan yang berkelanjutan, tidak dinikmati di daratan, selama 50 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.