Bawa 'Hadiah' Hingga Menggigit, Ini 6 Tanda Kucing Menyukai Anda

Oleh Liputan6.com pada 26 Agu 2019, 18:00 WIB
mengelus kucing

Liputan6.com, Jakarta - Walaupun kucing tidak bisa berbahasa manusia, tapi kucing sering kali memberi tanda kalau mereka ingin berkomunikasi. Bisa saja 'meong'nya merupakan tanda lapar, atau meraung tanda terancam dan marah.

Meski begitu, dari gerak-gerik atau perlakuannya bisa diketahui tanda atau apa yang ingin mereka sampaikan, termasuk tanda-tanda seekor kucing menyukai seseorang.

Dikutip dari HuffPost.com, Senin (26/8/2019), berikut perilaku kucing yang memberi tanda bahwa ia menyukaimu.

2 of 7

1. Mengulet di Kaki

Punya Kebiasaan Unik, Kucing Ini Suka Main di Dalam Kulkas
Tali, seekor kucing yang suka main di dalam kulkas dan bermain air. (Sumber: Boredpanda)

Mengulet-ulet adalah saat kucing seperti mencakar-cakar kecil namun tidak sakit, dipermukaan yang lembut seperti kulit manusia.

Cara ini adalah yang terbaik menunjukkan bahwa kucing merasa nyaman berada di tempat tersebut, atau bahkan jika mereka mengulet di kaki, artinya mereka sangat menyukai seseorang tersebut.

Menurut penyedia informasi kesehatan hewan terbesar, PetMD, "jika seekor kucing meringkuk dan seperti meremas saat berada di pangkuan, maka artinya dia sangat menyayangi Anda. Semakin ia mengeluarkan cakarnya, semakin bahagia kucing itu di sekitar anda."

3 of 7

2. Memberi 'Hadiah'

10 Potret Kucing Pakai Topi, Wajahnya Jadi Imut Banget
Kucing yang kenakan topi berbulu (Sumber: Instagram/rojima)

Mungkin beberapa kucing sering memberikan hadiah seperti mainannya, barang-barang aneh yang tidak tau dari mana asalnya, atau bahkan hewan mati (buruannya). Dengan cara ini mereka seakan-akan memberikan 'penghargaan' terhadap seseorang, dan artinya kucing itu sangat menyukai sosok tersebut.

Konsultan Perilaku Hewan Bersertifikat Amy Shojai menulis, “Kucing suka memberi hadiah. Kucing pemburu perkasa yang menangkap segala sesuatu mulai dari mainan hingga serangga, tikus atau katak, sering berbagi hadiah dengan yang mereka cintai. Kucing yang memberikan hadiah ini pantas dipuji. ”

"Mereka tidak akan membawa hadiah khusus ini jika mereka tidak mencintaimu." tambah Amy.

4 of 7

3. Melihat ke Mata

10 Potret Kucing Pakai Topi, Wajahnya Jadi Imut Banget
Kucing yang kenakan topi berbulu (Sumber: Instagram/rojima)

Jika seekor kucing menatap tepat di mata seseorang, maka kucing itu menunjukan sebuah perasaan cinta yang besar.

Seorang Dokter hewan bernama Karen Becker mengatakan, “Ini mungkin tampilan cinta kucing yang paling mudah dipahami manusia. Jika kucing Anda pertama kali menatap Anda, lalu berkedip, lalu membuka matanya lebar-lebar, lalu perlahan-lahan berkedip untuk kedua kalinya, ia memberi tahu Anda bahwa ia mencintai dan memercayai Anda."

Ia juga menambahkan bahwa tanda ini sama seperti dicium.

5 of 7

4. Memperlihatkan Bagian Perutnya

10 Potret Kucing Pakai Topi, Wajahnya Jadi Imut Banget
Kucing yang kenakan topi berbulu (Sumber: Instagram/rojima)

Jika seekor kucing secara manja tiba-tiba memutar memperlihatkan perutnya, maka dia menyukai seseorang.

Kebanyakan hewan tidak menunjukan perutnya secara sembarang ke orang-orang. Jika seeokor kucing berguling-guling dan memperlihatkan perutnya yang bulat pada seseorang, maka kucing itu berarti sangat nyaman.

Bahkan mereka bisa saja merasa bahwa seseorang bisa melindungi mereka, dan menjaga cinta mereka.

6 of 7

5. Mengigit Kecil

Pencinta Kucing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jangan marah jika seekor kucing mengigit dengan gigitan yang halus dan kecil. Hal itu merupakan bukti bahwa binatang tersebut senang dengan seseorang dan mengajaknya bermain.

Menurut Dr. Karen Becker, "Pertunjukan cinta dari kucing Anda ini terbukti sedikit menyakitkan, tapi kucing Anda benar-benar tidak mengerti gigitan cintanya tidak selalu menyenangkan bagi Anda."

Sebagai contoh, jika ada sesama kucing kecil terlihat saling menggigit, itu artinya mereka saling sayang dan hanya sedang bermain. Bukan tengah berkelahi.

7 of 7

6. Mendengkur

7 Bukti Kucing Hitam Lebih 'Bar-bar' Dibanding Kucing Oranye
7 Bukti Kucing Hitam Lebih 'Bar-bar' Dibanding Kucing Oranye (sumber: iStockphoto)

Dengkuran kucing sering sekali terdengar. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa suara itu berarti bukti kasih sayangnya terhadap si pemilik. Merupakan ekspresi bahwa binatang itu merasa nyaman, tapi terkadang juga sebagai pertanda lain. 

Menurut Amy Shojai, "Kucing suka mendengkur. Suara mendengkur bisa berarti berbagai hal, dari senang hingga ekspresi prihatin."

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓