Brasil Kerahkan Militer untuk Padamkan Kebakaran Hutan Amazon

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 26 Agu 2019, 07:23 WIB
Kebakaran dahsyat di hutan hujan Amazon Brasil (AFP/A. Scorza)

Liputan6.com, Brasilia - Brasil mengatakan pesawat militer dan 44.000 tentara akan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda sebagian kawasan Amazon.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (26/8/2019) Menteri Pertahanan dan Menteri Lingkungan menggambarkan rencana untuk memadamkan kebakaran yang telah memicu kemarahan internasional serta demonstrasi di Brasil terhadap cara Presiden Jair Bolsonaro menangani krisis lingkungan itu.

Presiden Jair Bolsonaro pada Jumat, 23 Agustus 2019 mengizinkan militer untuk terlibat dalam memadamkan api.

Ia juga mengatakan bahwa ia akan berkomitmen untuk melindungi kawasan Amazon dan hutan lainnya.

Presiden Brasil itu sebelumnya telah menyebut perlindungan hutan hujan sebagai hambatan bagi pembangunan ekonomi Brasil, berdebat dengan para pengkritik yang mengatakan Amazon menyerap banyak gas rumah kaca dan penting bagi dunia dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Banyak dari kebakaran itu terjadi di wilayah yang telah diforestasi oleh orang-orang yang membuka lahan untuk pertanian.

2 of 4

Ramai Tanda Pagar #PrayforAmazonas di Twitter

Hutan Amazon
Hutan Amazon (Foto: Unsplash/ @aaronburden)

Beredar tanda pagar (tagar) #prayforamazonas di media sosial Twitter.  Hal tersebut adalah bentuk simpati maupun empati khalayak luas terhadap kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

Dukungan yang beredar tersebut mendapat respons positif dan bahkan sempat menjadi trending di Twitter. Banyak orang mencuitkan keprihatinan dan menyesalkan kebakaran hutan yang terjadi di hutan Amazon.

Banyak dari mereka yang mencuitkan foto pemandangan hutan Amazon dari luar angkasa yang mereka kutip dari institusi terkait disertai tagar #prayforamazonas dalam cuitannya seperti dilansir news18.com.

3 of 4

Simpati Presiden Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron (AP/Phillipe Wojazer)
Presiden Prancis Emmanuel Macron (AP/Phillipe Wojazer)

Beragam lapisan masyarakat mulai dari kalangan politisi hingga atlet turut mengucapkan keprihatinan mereka terhadap kebakaran di Hutan Amazon.  

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengungkapkan rasa prihatin. Ia juga mengajak agar pemimpin-pemimpin dunia yang tergabung dalam G7 untuk berdiskusi mengenai nasib hutan Amazon.

Presiden Macron mendesak berbagai pihak untuk bertindak menyelamatkan hutan Amazon yang terbakar, berargumen fungsi krusial hutan tersebut sebagai pemroduksi 20 persen suplai oksigen untuk planet bumi.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by