Sukses

Pesawat Antariksa Rusia yang Bawa Robot Humanoid Gagal Berlabuh di ISS

Sebuah pesawat antariksa milik Rusia bernama Soyuz gagal berlabuh secara otomatis ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS).

Liputan6.com, Moskow - Sebuah pesawat antariksa milik Rusia bernama Soyuz gagal berlabuh secara otomatis ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS), lapor kantor berita Moskow pada Sabtu, 24 Agustus 2019. Padahal, wahana itu membawa robot humanoid pertama Rusia. 

Pesawat itu melakukan pengulangan manuver docking setelah percobaan yang gagal di mana dijadwalkan tejadi pada 05.30 GMT (12.30 Waktu Indonesia Barat).

Mengutip Channel News Asia, Minggu (25/8/2019), robot yang bernama Fedor itu direncanakan akan menghabiskan 10 hari belajar untuk membantu para astronot di ISS. Fedor adalah singkatan dari Final Eksperimental Obyek Demonstrasi Penelitian, robot humanoid pertama besutan Rusia.

Fedor meledak pada Kamis, 22 Agustus 2019 di dalam pesawat Soyuz MS-14 dari kosmodrom Rusia Baikonur di Kazakhstan dan akan tetap di ISS sampai 7 September mendatang.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fedor Punya Instagram da Twitter

Fedor tak hanya dilihat sebagai kosmonot, tapi juga Skybot F850. Robot itu diikat ke kursi pilot yang diadaptasi khusus, dengan bendera Rusia berukuran kecil di tangan.

"Let's go. Let's go," ucap robot itu saat peluncuran, mengulangi frasa terkenal yang digunakan oleh manusia pertama di luar angkasa Yuri Gagarin.

Robot antropomorfik berwarna keperakan itu memiliki tinggi 1,80 m dan berat 160 kg. 

Fedor yang memiliki akun Instagram dan Twitter itu sempat memposting yang mengatakan sedang mempelajari keterampilan baru seperti membuka botol air. Hal itu untuk menguji keterampilan manual dalam gravitasi yang sangat rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.