Perayaan HUT ke-74 RI, Anak-Anak WNI Kibarkan Merah Putih di Slovakia

Oleh Liputan6.com pada 23 Agu 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 23 Agu 2019, 20:00 WIB
WNI di Slowakia merayakan HUT RI ke-74
Perbesar
WNI merayakan HUT RI ke-74 dengan upacara bendera di KBRI Slowakia (

Liputan6.com, Slowakia - HUT RI ke-74 tidak hanya dirayakan warga Indonesia di tanah air saja. WNI yang berada di luar negeri pun turut merayakan hari jadi negaranya.

Sekitar 50 WNI di Slovakia mengikuti upacara bendera untuk memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019.

Pelaksanaan upacara bendera dilakukan di halaman KBRI Bratislava yang telah dihiasi dengan bendera merah putih, demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Bratislava yang dimuat Liputan6.com, Jumat (23/8/2019).

Pada upacara tersebut, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh anak-anak WNI yang tinggal di Slovakia. Anak-anak yang berusia sekitar 14-17 tahun itu, merasa bangga dipercayakan sebagai pasukan pengibar bendera merah putih, sekaligus menjadi pengalaman pertama mereka.

Seusai upacara, WNI di Slovakia menikmati makanan bakso yang menjadi hidangan pembuka. Ada juga makanan tumpeng lengkap yang ditata cantik dalam wadah ukuran besar.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara

WNI di Slowakia merayakan HUT RI ke-74
Perbesar
WNI di Slowakia merayakan HUT RI ke-74 (KBRI Slowakia)

Beberapa minggu sebelum upacara bendera, telah dilakukan serangkaian lomba dan jalan santai di hutan kota Bratislava. Seperti lomba badminton, bowling, dan berbagai lomba ketangkasan lainnya yang melibatkan dewasa dan anak-anak.

Dalam upacara bendera, turut hadir Dubes RI, yang menyampaikan apresiasi kepada WNI yang hadir atas partisipasi aktif mereka dalam berbagai kegiatan KBRI.

Sejalan dengan tema HUT RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, blablab berpesan "Dengan kompetensi yang dimiliki, WNI di Slovakia dapat saling berkarya dan berkontribusi serta mempresentasikan sebagai bangsa yang maju, dan menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan berbagai komunitas yang ada di Slovakia" tutur blbalba.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh KBRI, bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi sesama WNI di luar negeri.

Keceriaan WNI merayakan HUT RI ke-74 ini, juga dipresentasikan dengan menggunakan pakaian nasional dan busana dari berbagai daerah dan mempresentasikannya di kota tua (Old Town) Bratislava.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓