Sukses

Diculik Pria Bertopi Ajaib... 6 Orang Ini Hilang Misterius dan Belum Ditemukan

Ini deretan beberapa kasus orang hilang yang kasusnya tidak terpecahkan hingga sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Orang hilang adalah suatu masalah yang kerap ditemui di berbagai belahan negara. Sebabnya beragam, bisa jadi karena tersesat, kecelakaan, bahkan terbunuh tanpa ada jejak.

Setelah sekian lama tak ada hasil dari pencarian orang-orang yang hilang, sejumlah pertanyaan pun muncul. Apa sebenarnya yang terjadi pada mereka?

Orang pun mulai menerka, di mana mereka berada, atau apakah mereka masih hidup. Beragam spekulasi penyebab hilang lalu mengemuka.

Dikutip dari Insider.com, Kamis (22/8/2019), berikut beberapa misteri kasus orang hilang yang tidak menemukan titik terang di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pilot Amelia Earhart dan Navigatornya

Kisah hilangnya Amelia dan sang navigator bernama Fred Noonan ini mungkin yang paling sering dimuat. Keduanya tak ada kabar setelah terbang mengelilingi dunia dengan pesawat mereka.

Namun nahas, pesawat mereka dikabarkan hilang di atas Samudra Pasifik pada 2 Juli 1937.

Sejak itu, jejak mereka tidak pernah ditemukan. Namun, dilansir dari sumber lain pada akhir 1930-an, seorang bocah laki-laki di Papua Nugini mengaku melihat sebuah pesawat yang sayap kirinya dilahap api dan kemudian jatuh masuk ke lautan.

Teori yang paling banyak diterima adalah bahwa penerbangan mereka kehabisan bahan bakar dan menabrak samudera, tetapi ada banyak teori konspirasi di luar sana yang tidak masuk akal.

Satu teori baru-baru ini mendapatkan daya tarik karena foto yang ditemukan di Arsip Nasional. Gambar itu menunjukkan seorang wanita dan seorang pria yang terlihat seperti Amelia dan Fred di dermaga di lepas pantai pulau Saipan.

Beberapa orang percaya foto ini adalah bukti bahwa keduanya ditangkap oleh militer Jepang, tapi kabar itu dibantah militer Jepang.

3 dari 7 halaman

2. Anne Marie Fahey

Secara teknis kasus hilangnya Anne sudah ditutup, namun jasad wanita itu tidak pernah ditemukan.

Anne berusia 30 tahun saat kepergiannya, tiga tahun kemudian pada 1999, pacarnya Thomas Capano, yang seorang pengacara dinyatakan bersalah atas pembunuhannya.

Thomas menembak Anne ketika wanita itu mencoba memutuskan hubungan dengannya, lalu mengaku membuang tubuhnya ke Samudra Atlantik, setelah ia meletakkan tubuh Anne di dalam pendingin.

Dua saudara laki-laki Thomas ikut serta dalam membantu menyembunyikan barang bukti, serta membantu membuang tubuh Anne ke lautan. Mereka berdua akhirnya bersaksi untuk kesalahannya.

Thomas dihukum dan dijatuhi hukuman mati, namuan kemudian dibatalkan dan diganti menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Ia meninggal pada 2011.

4 dari 7 halaman

3. Tara Calico

Tara Calico yang saat itu masih berumur 19 tahun, meminta ibunya untuk menelepon polisi jika dirinya tidak kembali setelah bersepeda sore hari, tepat di hari di mana ia hilang pada September 1988. Setelahnya, ia tidak pernah kembali dan tidak pernah terlihat lagi.

Selama ia bersepeda, warga ada yang melihat sebuah truk mengikuti Tara dan bahkan melecehkannya. Namun, mereka mengira bahwa di dalam truk itu adalah teman-teman Tara.

Setelah itu, mereka hanya menemukan Walkman Tara yang rusak tertinggal di sisi jalanan.

Hampir setahun setelah Tara menghilang, tersebar sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita muda dan anak laki-laki yang diikat dengan mulut tertutup rapat.

Ibu Tara percaya bahwa itu adalah putrinya, disisi lain FBI tidak bisa memverifikasi apakah anak-anak itu termasuk Tara.

5 dari 7 halaman

4. Segitiga Bennington

Sekitar tahun 1920 sampai 1950, setidaknya terdapat 10 orang yang menghilang secara misterius di jalan sepetak, di hutan sekitar Gunung Glastenbery yang dijuluki dengan tragedi Bennington Triangle atau Segitiga Bennington.

Nama itu diciptakan pada tahun 1992 oleh penulis bernama Joseph Citro. Menurut sebuah situs web yang didedikasikan untuk "Triangle," kehilangan ini termasuk pemandu wisata Middie Rivers pada 1945, mahasiswa Paula Welden pada 1946, dan Paul Jepsen yang berusia 8 tahun pada 1950.

6 dari 7 halaman

5. Sherry Lynn Marler

Pada 6 Juni 1984, Sherry berusia sekitar 12 tahun, dan ia sedang pergi ke kota bersama ayah tirinya.

Saat hari di mana ia menghilang, Sherry kehausan dan meminta uang untuk membeli minuman di mesin penjual otomatis, namun sejak itu ia tak pernah kembali.

Menurut sumber lain, Sherry sempat terlihat tiga kali selama beberapa tahun setelahnya, namun tidak ada satupun dari penampakan Sherry yang diverifikasi benar.

7 dari 7 halaman

6. Jessica Gutierrez

Seorang bocah berumur 4 tahun diculik dari kamarnya pada 6 Juni 1986, di Carolina Selatan.

Adik perempuannya yang bernama Becky mengatakan pada pihak berwewenang bahwa Jessica dibawa oleh pria yang menggunakan topi ajaib serta memiliki janggut.

Kedua orang tuanya panik saat mereka tahu bahwa putrinya menghilang, ibu Jessica meminta bantuan kepada negara untuk segera menemukan putrinya pada 2017 lalu.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.