Sukses

Kedutaan Tiongkok Minta Kanada Tak Campuri Isu Hong Kong

Kedutaan Tiongkok minta pihak Kanada untuk tidak ikut campur dengan isu Hong Kong dan permasalahan Tiongkok.

Liputan6.com, Hong Kong - Kedutaan Tiongkok di Ottawa memperingatkan Kanada untuk tidak ikut campur dalam ketegangan yang terjadi di Hong Kong. Peringatan ini muncul sehari setelah Kanada menyatakan ikut dengan Uni Eropa untuk membela "hak dasar berkumpul" untuk warga Hong Kong yang sudah lebih dari dua bulan berdemonstrasi.

Dilansir dari South China Morning Post Senin (19/8/2019), memasuki minggu ke-11 demonstrasi Hong Kong, ratusan hingga ribuan demonstran masih menggelar unjuk rasa secara damai di Pusat Keuangan Asia.

Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland serta kepala kebujakan luar negri Uni Eropa (UE), Federica Mogherini mengatakan, "Kebebasan mendasar, termasuk hak untuk berkumpul secara damai, harus ditegakkan."

Namun, pada situs resmi kedutaan Tiongkok di Kanada memberikan pernyataan peringatan, "secepatnya tidak lagi ikut campur dengan isu Hong Kong serta isu dalam Tiongkok."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Pernyataan Balasan Dari Kanada

Pernyataan ini di keluarkan tanpa memberi tahukan siapa yang memberi peringatan ini, pihak kedutaan juga menekankan bahwa pihak Kanada harus hati-hati dengan perkataan dan perilakunya terkait isu Hong Kong.

Pihak Kanda tidak memberikan tanggapan secara langsung. Namun, diketahui bahwa Kanada memiliki sekitar 300.000 warga yang tinggal di Hong Kong.

Kanada memiliki sengketa diplomatik khusus dengan Tiongkok sejak penahanan Kepala Keuangan Huawei Technologies Co Ltd, Meng Wanzhou berdasarkan surat perintas AS pada Desember lalu.

Setelah permasalahan ini, Tiongkok memblokir beberapa komoditas impor Kanada.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.