Sukses

Bom Meledak di Masjid Pakistan, Saudara Pemimpin Taliban Tewas

Bom meledak di sebuah masjid Pakistan bertepatan dengan salat Jumat pada 16 Agustus 2019. Setidaknya empat orang tewas dalam insiden tersebut, termasuk saudara pemimpin Taliban.

Liputan6.com, Quetta - Bom meledak di sebuah masjid Pakitan bertepatan dengan salat Jumat pada 16 Agustus 2019. Setidaknya empat orang tewas dalam insiden tersebut, menurut polisi.

Saudara dari pemimpin Taliban Afghanistan Haibatullah Akhunzada, dikonfirmasi turut tewas dalam kejadian tersebut. Ia adalah Hafiz Ahmadullah yang merupakan imam masjid Khair Ul Madarais di Kota Kuchlak di pinggiran Quetta, Pakistan.

"Benar bahwa saudara laki-laki Akhunzada, Hafiz Ahmadullah, tewas dalam ledakan itu," kata sumber itu kepada Al Jazeera dikutip Sabtu (17/8/2019), menambahkan dua keponakan Haibatullah juga terluka dalam ledakan yang menyasar barat daya Pakistan itu.

"Masjid ini adalah tempat di mana sebagian besar anggota Taliban biasa bertemu dan membahas permasalahan," kata sumber Taliban lain.

Sebuah dewan pimpinan Taliban yang disebut Quetta Shura memang telah lama bermukim di wilayah itu. Mereka mengungsi di Quetta, ibu kota Provinsi Balochista dekat perbatasan Pakistan- Afghanistan, setelah digulingkan oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat pada tahun 2001, lima tahun setelah merebut kekuasaan.

Segera setelah bermukim di daerah tersebut, tugas memimpin masjid diserahkan kepada Ahmadullah oleh Haibatullah setelah ia ditunjuk sebagai emir kelompok Taliban (pada 2016).

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Haibatullah Tokoh Cukup Sentral

Haibatullah Akhunzada, yang berusia 50-an dan berasal dari Provinsi Kandahar adalah tokoh cukup sentral. Ia pernah berperang melawan Rusia pada 1980-an dan kemudian bergabung dengan gerakan Taliban pada 1994. Saat itu ia dipimpin oleh pemimpin Taliban (almarhum) Mullah Omar, yang menetapkan hukum Islam yang ketat di Afghanistan.

Sebelumnya pada Jumat, polisi Pakistan mengkonfirmasi kepada wartawan bahwa imam masjid tewas dalam ledakan itu.

Hingga saat ini, masih belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Insiden ini terjadi hanya beberapa hari setelah perwakilan Taliban dan pejabat AS mengakhiri perundingan putaran kedelapan mereka di ibu kota Qatar, Doha.

Sejak tahun lalu, kedua belah pihak telah mengadakan diskusi mengenai perjanjian perdamaian yang difokuskan pada empat masalah utama: jaminan Taliban bahwa mereka tidak akan membiarkan kelompok bersenjata dan pejuang asing memanfaatkan Afghanistan; penarikan lengkap pasukan AS dan NATO; dialog intra-Afghanistan; dan gencatan senjata permanen.

Taliban telah lama menuntut penarikan penuh pasukan asing untuk "mengakhiri pendudukan" di Afghanistan.

Sekitar 14.000 tentara AS dan sekitar 17.000 tentara dari 39 sekutu NATO dan negara-negara mitra berada di Afghanistan dalam peran non-tempur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.