Sebulan di Indonesia, Dubes Baru Inggris Sudah ke Flores dan Yogyakarta

Oleh Afra Augesti pada 15 Agu 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2019, 12:30 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia
Perbesar
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, ketika memberikan keterangan pers kepada awak media di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Rabu (14/8/2019). (Liputan6.com/Hugo Dimas Adi Prasetya)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Republik Indonesia dan Duta Besar non-residen untuk Republik Demokratik Timor-Leste, Owen Jenkins, resmi bertugas di Tanah Air. Dirinya telah menyerahkan surat kepercayaan dari Ratu Elizabeth II kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Dalam sebuah kesempatan untuk memperkenalkan diri dengan awak media, Rabu, 14 Agustus 2019, dubes penggemar klub sepak bola Arsenal ini menceritakan sekilas tentang pengalamannya ketika pertama tiba di Indonesia, terutama soal gorengan khas Nusantara yang belum pernah ia makan sebelumnya.

Mantan Perwakilan Khusus Perdana Menteri untuk Afghanistan dan Pakistan, dan Direktur, Asia Selatan dan Afghanistan tersebut bahkan sudah lancar berbicara Bahasa Indonesia.

"Saya sekarang baru satu bulan di Indonesia. Sebelumnya, saya tinggal di Yogyakarta pada Maret kemarin (2019). Sejak datang ke sini, saya terkesan dengan sambutan yang hangat. Orang-orang Indonesia luar biasa," ujarnya di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

"Saya sudah mempunyai beberapa kesempatan untuk mencoba masakan Indonesia, berbincang dengan teman-teman Indonesia. Waktu saya kembali dari Istana Merdeka, saya bisa merayakan upacara itu dengan gorengan. Enak sekali," kenangnya, disambut tawa para tamu undangan yang datang. 

Sementara itu, Dubes Owen akan menggantikan posisi Dubes Inggris sebelumnya, Moazzam Malik, untuk masa jabatan 2019 hingga 2023.

"Jadi, saya masih punya sisa waktu empat tahun lagi untuk mencicipi gorengan. Namun, saya kira, akan ada masakan khas Indonesia lain yang belum saya coba. Ada rendang, ada sate, ada mi goreng, ada nasi goreng," tutur Dubes Owen.

Selain menjajal gorengan, dubes bernama lengkap Owen John Jenkins ini pun sudah berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Indonesia, antara lain Taman Nasional Komodo di Flores (Nusa Tenggara Timur) dan Yogyakarta.

"Saya mendapat kesempatan luar biasa untuk jalan-jalan di Indonesia. Saya baru kembali dari Flores bersama keluarga saya. Saya dan keluarga sudah melihat pemandangan alam menakjubkan di sana, di Taman Nasional Komodo. Saya juga tinggal di Yogyakarta pada Maret kemarin (2019)," kata Owen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:


Perbincangan Singkat dengan Presiden Jokowi

Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang Baru
Perbesar
Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Owen Jenkins, saat menerima surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (7/8/2019). (BPMI Setpres/Muchlis Jr.)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat kepercayaan dari 12 duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) negara-negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2019.

Kedua belas dubes LBBP itu antara lain Mahmut Erol Kilic, Dubes Turki untuk Indonesia; Jonathan Edward Austin, Dubes Selandia Baru untuk Indonesia; dan Nebojsa Koharovic, Dubes Kroasia untuk Indonesia.

Zainal Abidin bin Bakar (Dubes LBBP Malaysia), Owen John Jenkins (Dubes Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara) dan Yasoja Gunasakera (Dubes Sosialis Demokratik Srilanka), Petar Dimitrov Andonov (Dubes Republik Bulgaria), juga memberikan surat kepercayaannya kepada Jokowi.

Selanjutnya, Daniyar Sarekenov (Dubes Republik Kazakhstan), Faizullah Zaki (Dubes Republik Islam Afghanistan), dan Belmiro Jose Malate (Dubes Republik Mozambik).

Selain itu, ada Mondi Solomon Dlamini (Dubes Kerajaan Eswatini berkedudukan di Kuala Lumpur) dan Sekou Kasse (Dubes Mali berkedudukan di New Delhi).

Prosesi penerimaan surat kepercayaan duta besar luar biasa dan berkuasa oleh Jokowi diawali dengan kedatangan para dubes yang disambut bendera dan lagu kebangsaan masing-masing negara. Prosesi awal itu berlangsung di halaman depan Istana Merdeka Jakarta.

"Kami membicarakan banyak hal, termasuk kerja sama antara Indonesia dan Inggris, serta harapan-harapan yang kita bagi kedua negara demi masa depan bersama," tutur Dubes Owen yang suka bakwan.

"Pada Juli tahun ini, saya sempat menemani Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, saat dia berkunjung ke London untuk menghadiri forum kemitraan, membahas langkah-langkah kerja sama untuk memperkuat hubungan kedua negara," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya