Jangan Tahan Bersin hingga Kentut, 7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Berbahaya

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2019, 11:56 WIB
Ilustrasi kentut (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Bermain ponsel dengan posisi tubuh yang seenaknya, mandi dengan air yang sangat dingin, menahan bersin, dan beberapa dari kita menjalankan hal sepele yang biasa dilakukan.

Tindakan sehari-hari dipenuhi dengan sedikit kebiasaan yang dapat dipikir membuat merasa lebih nyaman, tetapi sebenarnya bisa mengakibatkan sesuatu yang lebih berbahaya.

Hal kecil seperti, menatap layar ponsel dengan posisi menunduk bisa sakit kepala, mencuci muka setelah olahraga ternyata memiliki dampak tidak baik untuk kulit dan kebiasaan lainnya.

Hal kecil seperti, aroma wangi kopi di pagi hari ternyata dapat mengganggu hormon seseorang atau sinar dari ponsel dapat menyebabkan tidak bisa tidur nyenyak.

Dilansir dari brightside.com, Selasa (13/8/2019), berikut kebiasaan yang ternyata kerap salah kaprah dan dilakukan oleh orang banyak:

2 of 7

1. Menatap Layar Ponsel dengan Posisi Menduduk

Ilustrasi Main Hp
Ilustrasi main hp (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Ponsel adalah barang yang mungkin tidak bisa lepas bagi semua orang. Saat mereka memegangnya pasti tidak bisa lepas dengan cepat.

Dengan nyaman, seseorang terus menunduk menatap ponsel dengan berjam-jam. Posisi itu sama sekali tidak rileks untuk leher dan menyebabkan leher kaku, nyeri, kelemahan otot dan sakit kepala.

Sebaiknya, atur cahaya ponsel sesuai dengan penerangan sekitar, arahkan ponsel dengan posisi sejajar dengan mata dan duduk dengan postur yang baik.

3 of 7

2. Mandi Air Dingin dan Hangat

mandi
ilustrasi mandi/copyright unsplash/ Laura Marques

Jika mandi air dingin sepertinya tidak menyenangkan bagi Anda, cara berikut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kombinasikan air dingin dan hangat secara bergantian mungkin bisa membantu untuk mempelancar sirkulasi darah, memperkuat sistem imun dan membantu menghaluskan kondisi kulit.

Akhiri dengan mandi air hangat, bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan menurunkan berat badan. Hanya 10-30 detik untuk mendapatkan hasil yang baik.

4 of 7

3. Cuci Muka Setelah Olahraga

[Fimela] Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com

Mungkin orang-orang berpikir, mencuci muka setelah berolahraga dapat membuat kulit wajah menjadi baik. Namun, sebenarnya harus dilakukan sebelum olahraga.

Jika mencuci muka setelahnya, justru sabun wajah yang digunakan akan tergabung dengan keringat dan menyubat pori-pori.

Sebaiknya, pastikan sudah membersihkan make up dan cuci muka sebelum olahraga. Ketika olahraga, jangan mengelap keringat yang ada di wajah --akan mendorong sisa make up dan mengangkat pori-pori kotor. Setelah itu, cuci secara perlahan wajah Anda.

5 of 7

4. Menahan Bersin

Ilustrasi bersin (iStock)
Ilustrasi bersin (iStock)

Menahan hidung ketika ingin bersin ternyata salah satu kebiasaan yang buruk. Hal tersebut akan memiliki masalah serius, seperti adanya air yang tersumbat di paru-paru, menghancurkan gendang telinga dan menggembungkan pembuluh darah di otak.

Sebenarnya, bersin merupakan cara yang baik untuk menghilangkan bakteri dan debu di hidung, maka dari itu sebaiknya jangan dilakukan kebiasaan itu.

Jika tidak ingin membuat suara bising, tutuplah sekitar mulut dengan handuk atau sapu tangan, tanpa memencet hidung.

6 of 7

5. Menahan Kentut

Ilustrasi kentut (iStock)
Ilustrasi kentut (iStock)

Kentut biasanya hal yang dihubungkan dengan kebiasaan tidak sopan bahkan menjijikan. Maka dari itu, orang-orang pun menahannya agar tidak malu.

Sayangnya, gas yang ditahan di dalam perut tersebut sebenarnya tidak akan hilang. Sebagai gantinya, gas tersebut keluar dari mulut. Menahannya dapat membuat perut menjadi tidak enak dan gas bisa keluar dari mulut.

Apa yang dilakukan, jika merasakan ingin buang gas, pergilah ke tempat yang lebih kecil. Beberapa orang sering membuang gas, untuk menguranginya yaitu dengan mengunyah secara perlahan ketika makan. Lalu konsumsilah sejumlah makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti kacang-kacang.

7 of 7

6. Menggunakan Produk Antibakteri

bakteri
Ilustrasi bakteri luar angkasa. (Foto: Mirror)

Sejumlah orang memiliki ketakutan dengan bakteri di sekililingnya dan menggunakana hand sanitizer untuk membunuh kuman-kuman.

Faktanya, sabun antibakteri mengandung bahan yang disebut triclosan. Bakteri yang bersentuhan dengan hand sanitizer, justru dapat membuat mereka kebal.

Sebagai contohnya, antibakteri digunakan untuk mengobatik TBC. Pada dasarnya mungkin mengarah pada resistansi antibakteri, meskipun ini hanya terbukti di laboratorium.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membunuh kuman selain sabun. Cobalah cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan sanitizer.

 

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓