Sukses

Pererat Hubungan, Marinir RI dan AS Gelar Program Pertukaran Militer

Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran militer selama satu bulan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii

Liputan6.com, Kaneohe Bay - Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran militer selama satu bulan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii di Kaneohe Bay di AS, yang berlangsung dari 6 hingga 29 Agustus 2019.

Dalam program pertukaran ini, yang dirancang untuk mempererat kemitraan antarmiliter, AS dan Indonesia masing-masing mengirimkan satu peleton Marinir untuk tinggal dan berlatih bersama di pangkalan militer di kedua negara.

Pelatihan ini menitikberatkan pada taktik level individu, tim, dan pasukan, juga bertahan hidup di hutan, latihan menembak langsung, serta aktivitas kebudayaan dan membangun tim, demikian seperti dikutip dari siaran pers US Embassy Jakarta yang diterima Liputan6.com, Selasa (13/8/2019).

Batalion ke-1 dari Resimen Marinir ke-3 AS akan menjadi tuan rumah bagi pasukan Korps Marinir TNI-AL yang berkunjung ke AS, dan akan mengirimkan satu peleton pasukan mereka ke Indonesia untuk mengikuti pelatihan.

Program pertukaran antar Korps Marinir ini meningkatkan kemampuan kedua belah pihak dan menunjukkan komitmen untuk bertukar informasi dan merespons krisis.

Melalui latihan bersama seperti ini, Marinir RI dan AS negara dapat belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja sama di masa mendatang.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.