Sukses

Top 3: Gempa California Ubah Permukaan Planet dan Fakta Hujan Meteor Jadi Sorotan

Peristiwa gempa bumi yang mengguncang wilayah California menurut peneliti mengubah permukaan planet menjadi populer hingga berbagai fakta bulan purnama selama hujan Perseid.

Liputan6.com, Jakarta - Selain peristiwa gempa bumi yang melanda California pekan lalu menjadi sorotan, kini artikel mengenai gempa tersebut yang mengubah permukaan planet menjadi artikel paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Para peneliti mendeteksi bahwa terjadinya gempa di California membuat pembekokkan kerak Bumi secara halus. Peneliti kemudian membutuhkan teknologi survei oleh NASA untuk melihat.

Selanjutnya ada artikel tentang bayangan laba-laba di langit saat hujan meteor perseid yang juga mencuri perhatian. Setelah terjadi hujan meteor Perseid pada Senin 12 Agustus lalu, NASA kembali mendapatkan gambar laba-laba di kamera langit.

Setelah peristiwa puncak hujan meteor Perseid dan tiga malam pasca-berotasi dengan Saturnus, pada Kamis 15 Agustus malam yang akan datang, diprediksi terjadi bulan purnama.

Beberapa fakta tentang pertemuan Bulan purnama, Saturnus dan hujan meteor Perseid menjadi sorotan publik, mulai dari Merkurius yang menampakkan wujudnya dan penjelasan mengenai Bulan Sturgeon.

Ini dia artikel Top 3 kanal Global di Liputan6.com hari Selasa (13/8/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. NASA: Gempa Bumi California Mengubah Permukaan Planet

Di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat pada pekan lalu, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang sekitar 150 mil timur laut Los Angeles.

Pada peristiwa dua gempa bumi terakhir yang menyerang infrastruktur dan struktur tanah di selatan negara bagian itu, gempa juga membengkokkan kerak Bumi dengan cara yang begitu halus.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gambar Laba-Laba di Langit Tertangkap Kembali oleh NASA

Hujan meteor Perseid mungkin adalah hujan meteor paling populer yang terjadi pada Agustus tahun ini, menurut Space.com yang dikutip pada Senin (12/8/2019).

Kamera NASA yang dirancang untuk memotret hujan meteor, salah satunya Perseid, tiba disambangi oleh seekor laba-laba. Bayangan dari hewan ini pun ikut tertangkap oleh teleskop tersebut, yang ditempatkan di Mt. Lemmon SkyCenter, dekat Tucson, Arizona, pada 5 Agustus 2019.

Sebelumnya, pada 2007 seekor laba-laba gemuk 'numpang eksis' dengan cara merangkak di atas kamera NASA, yang bersiap untuk merekam momen peluncuran pesawat ulang-alik Atlantis.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Fakta Bulan Purnama Bertemu Saturnus Selama Hujan Meteor Perseid

Bulan purnama yang terjadi pada Agustus tahun ini, diprediksi akan muncul di langit malam pada Kamis (15/8/2019), satu hari setelah puncak hujan meteor Perseid dan tiga malam pasca-berotasi dekat dengan Saturnus.

Waktu untuk menonton paling populer adalah pada Agustus, karena jumlah meteor naik menjadi sekitar 60-75 per jam, menurut American Meteor Society yang dikutip dari Space.com pada Senin (12/8/2019).

Artikel selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.