Sukses

Protes Tak Kunjung Usai, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Seluruh penerbangan dari Hong Kong dibatalkan menyusul protes yang tidak kunjung usai di kota administrasi khusus itu.

Liputan6.com, Hong Kong - Sekitar 180 penerbangan yang meninggalkan Bandara Internasional Hong Kong (HKIA) dari Senin hingga esok dini hari telah dibatalkan, kata situs resminya.

Keberangkatan terjadwal pertama yang diumumkan saat ini adalah penerbangan Hong Kong Airlines ke Haikou, China, pada Selasa, 13 Agustus pukul 07.00 WIB.

Dikutip dari CNN pada Senin (12/8/2019), ribuan demonstran berpakaian hitam menduduki HKIA, sementara ratusan lainnya dilaporkan terus bergabung dari berbagai wilayah Hong Kong.

Sebelumnya pada Senin pagi, banyak troli dan pembatas antrean disusun untuk menghalangi akses ke area check-in oleh petugas keamanan bandara. Namun kemudian, diterobos oleh demonstran yang menyeruak ke terminal kedatangan dan keberangkatan.

Banyak pelancong terperangkap di dalam bandara. Namun, para pengunjuk rasa berusaha membantu mereka. Saksi mata mengatakan, kerumunan massa selalu membuka jalan setiap kali penumpang harus melewati konter check-in.

Meski begitu, banyaknya demonstran tetap membuat situasi di bandara kacau-balau, di mana layanan check-in telah resmi ditutup sementara dan semua penerbangan yang berangkat dari Hong Kong dibatalkan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan ke Hong Kong Turut Dibatalkan

Kabar terbaru yang dikutip dari South China Morning Post pada hari Senin, menyebut seluruh penerbangan menuju Hong Kong juga dibatalkan.

Di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, pengumuman pembatalan jadwal keberangkatan ke Hong Kong berlaku untuk penerbangan CX708 dan CX704, yang seharusnya berangkat pada pukul 17.30 dan 18.55 waktu setempat.

Penerbangan Cathay Pacific dari Singapura juga dikabarkan mengalami pembatalan untuk jadwal hari ini.

Meski begitu, belum diketahui tentang jadwal penerbangan ke Hong Kong dari berbagai destinasi lain di dunia.

Satu-satunya maskapai yang membatalkan penerbangan ke eks koloni Inggris itu baru Cathay Pacific, semenyara yang lain belum memberikan pengumuman resmi.

 

3 dari 3 halaman

Salah Satu Bandara Tersibuk di Dunia

HKIA adalah salah satu bandara tersibuk di dunia, di mana menangani 1.100 penumpang dan penerbangan kargo setiap hari, serta terkoneksi lebih dari 200 destinasi internasional.

Sementara itu, akses dari dan menuju HKIA dilaporkan tersendat akibat berlanjutnya protes yang menyebar di berbagai wilayah Hong Kong.

Airport Express, layanan kereta yang banyak digunakan untuk mencapai bandara, dikabarkan tidak mengalami perubahan seperi kondisi normal setiap harinya.

Namun, di stasiun Central di pulau Hong Kong, dari mana layanan kereta itu berangkat, banyak orang berkumpul di sekitar papan jadwal penerbangan, dan sibuk mencari informasi di ponsel mereka untuk mencari tahu alternatif solusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.