Sukses

6 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Bisa Kurangi Berat Badan

Dikutip dari Brightside.me beberapa hal mudah dapat dilakukan untuk kebiasaan yang baik sebelum tidur serta mengurangi berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat tidur tubuh kita ternyata membakar sekitar 300-400 kalori. Hal tersebut sama dengan berlari selama kurang lebih satu jam.

Menurut para ahli, kualitas tidur yang baik dapat mengurangi berat badan.

Karena itu, penting untuk menjaga pola tidur dan kebiasaan saat hendak tidur.

Dikutip dari Brightside.me, berikut beberapa kebiasaan yang baik dilakukan sebelum tidur untuk mengurangi berat badan:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidurlah Dengan Suhu Rendah

Para ahli merekomendasikan untuk tidur dalam keadaan yang dingin. Penggunaan suhu sekitar 18 Celsius saat kita tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian juga membuktikan bahwa suhu yang tinggi mengaktifkan sel-sel lemak, yang bertanggung jawab atas termoregulasi. Saat tertidur di ruangan yang dingin, tubuh akan membakar energi agar bisa beradaptasi dengan suhu lingkungan.

Itulah mengapa saat pagi hari berat tubuh berkurang.

3 dari 7 halaman

2. Minum Jus Anggur

Jus anggur membantu mengurangi kalori, hal ini karena anggur mengandung zat yang disebut Resveratrol. Zat tersebut mengubah lemak putih menjadi lemak krem.

Saat tidur lemak krem digunakan sebagai penghangat tubuh. Jadi, dengan meminum jus anggur akan memaksa untuk membuah lemak yang tidak berguna dan mengubahnya menjadi lemak yang berguna.

4 dari 7 halaman

3. Jauhi Penggunaan Gadget

Tidak hanya rutinitas tidak stabil yang mengganggu produksi melatonin. Cahaya biru yang keluar dari gadget juga salah satu alasan mengenai tidur yang tidak nyaman.

Cobalah untuk tidak menggunakan gadget dua jam sebelum tidur dan biasakan gunakan "night mode" pada layar gadgetnya.

Hal ini demi kualitas tidur yang baik.

5 dari 7 halaman

4. Makan Cemilan Mengandung Protein

Dengan menkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti Yogurt, selai kacang, dan yang lainnya, dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pertumbuhan otot dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

5. Melakukan Latihan Ketahanan

Latihan fisik adalah caya terbaik untuk mengurangi stres dan meningkatkan metabolisme tubuh sebelum tidur.

Lakukan hal seperti berenang, atau angkat beban saat malam. Olah raga yang tidak terlalu melelahkan, namun disaat yang berasamaan dapat membakar lemak.

7 dari 7 halaman

6. Minum Teh Herbal

Beberapa jenis teh dapat mengurangi berat badan berlebih. Namun, bukan teh yang dikhususkan untuk diet maupun teh pelangsing.

Teh natural biasa pun bisa meningkatkan kesehatan, bahkan jika meminumnya saat sebelum tidur dapat mengurangi berat badan.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.