Sukses

NASA Gelar Kompetisi Ide Penjelajahan Bulan dan Mars Masa Depan, Tertarik?

NASA memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk berkontribusi dalam eksplorasi ruang angkasa melalui kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - NASA memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk berkontribusi dalam eksplorasi ruang angkasa. Badan antariksa Amerika Serikat itu menyeru kepada mahasiswa untuk memberikan ide terkait penjelajahan Bulan dan Mars di masa yang akan datang.

Kesempatan yang dimaksud dikemas NASA dalam sebuah kompetisi bernama The Revolutionary Aerospace Systems Concept - Academic Linkage (RASC-AL) seperti dikutip dari Space.com, Senin (12/8/2019).

Perlombaan tersebut terbuka dan menerima aplikasi dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana untuk mengembangkan konsep inovatif untuk pendaratan manusia di Bulan pada 2024 serta masa depan penjelajahan Mars.

"Kompetisi RASC-AL tahun ini secara langsung bertujuan untuk program Artemis: mengembalikan manusia ke Bulan dengan maksud untuk membuktikan konsep (serta) menjelajahi Mars secara berkelanjutan," kata Douglas Craig, manajer analisis strategis NASA untuk Direktorat Eksplorasi Manusia dan Misi Operasi Lanjutan Divisi Sistem Eksplorasi (AES).

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lima Tema Kompetisi

Dalam kompetisi tersebut terdapat lima tema, satu di antaranya adalah mengembangkan simulasi misi Mars dengan merencanakan misi untuk pendaratan di permukaan Planet Merah. Satu tajuk lain adalah merancang penjelajahan Bulan untuk memasuki kutub selatan Bulan.

Ide tersebut dapat ditulis menjadi sebuah proposal. Batas waktu untuk mengajukan proposal yakni 5 Maret 2020.

Sebanyak 15 tim finalis akan dipilih dan diterbangkan ke forum RASC-AL di Cocoa Beach, Florida, pada bulan Juni. Dua tim terbaik akan mempresentasikan proyek desain mereka di konferensi dirgantara besar.

"RASC-AL menyediakan platform yang ideal bagi siswa untuk melakukan penelitian dunia nyata yang bermakna... Hal ini memberi kita perspektif berbeda yang membuat kita tetap waspada, dan kadang-kadang kita memikirkan kembali pendekatan kita untuk mengeksplorasi keajaiban dari ruang angkasa," kata Patrick Troutman, pemimpin penilaian strategis eksplorasi manusia di Pusat Penelitian Langley NASA dalam sebuah pernyataan.

 

3 dari 3 halaman

Membantu NASA

Patrick Troutman mengatakan, mendengarkan ide-ide dari mahasiswa itu sangatlah menyenangkan dan bermanfaat.

"Mendengarkan para siswa ini mempresentasikan pekerjaan mereka dan menjelaskan proses mereka selalu menggugah pikiran dan membantu kami menyelidiki banyak skenario ruang unik yang pada akhirnya dapat dimasukkan dalam perencanaan program NASA," katanya.

Tahun lalu, sebuah tim dari Universitas Puerto Riko-Mayagüez menang. Mereka merancang kendaraan untuk menjelajahi permukaan bulan. 

Untuk mengikuti kompetisi, tim yang berpartisipasi harus terlebih dahulu memberitahukan niat mereka kepada NASA maksimal 15 Oktober, dengan mengisi formulir online. Kemudian, tim harus mengunggah proposal mereka dan formulir pengiriman video paling lambat 5 Maret 2020. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.