Sukses

Menlu AS Ucapkan Selamat Idul Adha untuk Umat Muslim Dunia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo beserta istri, Susan Pompeo, mengucapkan selamat Idul Adha 2019 kepada umat muslim dunia.

Liputan6.com, Washington DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo beserta istri, Susan Pompeo, mengucapkan selamat Idul Adha 2019 kepada umat muslim dunia.

"Susan dan saya menyampaikan salam hangat kepada umat muslim di seluruh dunia yang merayakan Idul Adha --termasuk teman dan sekutu hingga kolega muslim kami di Kementerian Luar Negeri AS," kata Pompeo dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com dari US Embassy Jakarta, Senin (12/8/2019).

Idul Adha menandai berakhirnya ibadah haji, di mana jutaan umat muslim dari seluruh dunia melakukan ziarah ke Mekkah dan merenungkan pengorbanan dan kesetiaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

"Ini merupakan sebuah perayaan untuk berbagi bingkisan, beramal, dan persahabatan," jelasnya.

"Ibadah haji juga merupakan pengingat akan komitmen bersama kami untuk menjunjung tinggi hak semua individu untuk secara bebas menjalankan ibadah keagamaan."

Pompeo juga mendoakan agar para jemaah haji yang akan kembali ke tanah air masing-masing selama sampai tujuan.

"Untuk jutaan jemaah haji yang akan kembali ke rumah, termasuk ribuan muslim Amerika, saya berharap Anda menikmati perjalanan yang aman. Selamat berhari raya," jelas sang Menlu AS.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PM Kanada Ucapkan Selamat Idul Adha

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 2019 kepada seluruh muslim di negaranya dan di penjuru dunia.

Dalam sebuah video yang diunggah melalui akun Twitter pribadinya pada Sabtu (10/8/2019) waktu lokal, sang perdana menteri muda nan rupawan membuka ucapan selamat dengan salam "Asalamualaikum".

"Atas nama keluarga, Sophie (istri) dan saya, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha. Eid Mubarak. Semoga damai dan berkah melimpah untuk Anda semua."

"Hari ini, muslim di Kanada dan berbagai penjuru dunia akan menandai akhir dari ibadah Haji dan merayakan Idul Adha," kata Trudeau.

"Liburan kali ini merupakan waktu bagi para orang tercinta berdoa bersama, berbagi makanan, dan merayakan berkah hidup."

"Ini juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pelajaran tentang pengorbanan, serta nilai-nilai belas kasih dan kedermawanan."

Trudeau juga mengatakan bahwa Muslim Kanada "menunjukkan kepada kami nilai-nilai tersebut sepanjang tahun ini, baik dengan mendukung penggalangan dana lokal atau membantu tetangga yang membutuhkan", sebah kontribusi yang disebut sang PM sebagai bagian dari upaya "untuk membentuk negara kita menjadi semakin baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.