Sukses

Banjir Besar Genangi Wilayah India Barat, 16 Orang Tewas

Genangan banjir besar di India barat menyebabkan 16 orang tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Liputan6.com, Kolhapur - Sekitar 16 orang dilaporkan tewas di negara bagian Maharashtra, India barat, setelah hujan lebat dan banjir menggenangi lima distrik setempat pada Rabu 7 Agustus.

Sebanyak lebih dari 140 ribu orang telah diungsikan ke tempat-tempa yang lebih aman, kata seorang pejabat pemerintah setempat.

Dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (8/8/2019), sungai-sungai di wilayah tersebut meluap karena kebijakan membuka pintu bendungan yang terisi penuh.

Menurut otoritas terkait, dua bendungan di India barat kelebihan volume debit air, setelah beberapa kota --seperti Kolhapur-- menerima curah hujan sebanyak 670 milimeter dalam sepekan.

"Bendungan di distrik-distrik ini penuh. Jika kami mendapat lebih banyak curah hujan, maka kami tidak punya pilihan selain melepaskan debit air ke sungai," kata Deepak Mhaiskar, komisaris bendungan nasional divisi wilayah Pune.

Layanan pemantau cuaca India memperkirakan hujan deras di kawasan tersebut akan tetap turunhingg tiga hari ke depan, mendorong pemerintah untuk mengirim lebih banyak tim penyelamat melalui udara.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Melanda Asia Selatan Setiap Tahunnya

Sementara itu, ribuan truk terhebak di jalan raya nasional, yang menghubungkan ibu kota Delhi dengan pusat keuangan Mumbai dan pusat teknologi informasi di Bangalore, karena banjir menggenangi beberapa ruasnya, kata Mhaiskar.

Sekolah dan perguruan tinggi di distrik yang terkena dampak banjir telah ditutup sejak hari Senin, dan kemungkinan tidak akan buka selama pekan ini, kata seorang pejabat pemerintah.

Setiap tahunnya, banjir di Asia Selatan kerap memicu evakuasi massal dan kematian yang tidak sedikit jumlahnya.

Wilayah ini mengalami hujan musiman dengan intensitas tinggi pada periode Juni hingga September.

Meski begitu, hujan muson yang menghasilkan lebih dari 70 persen curah air berintensitas tinggi, dinilai penting bagi penduduk setempat untuk meningkatkan hasil pertanian dan pertumbuhan ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir