Sukses

5 Benda yang Tidak Berubah Tergerus Zaman, Meski 100 Tahun Berlalu

5 benda berikut tidak berubah, meski 100 tahun telah berlalu.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia yang kita tinggali kini kian dikelilingi oleh benda canggih. Padahal seabad yang lalu, kakek-nenek dan buyut kita masih berkelana dengan kuda dan kereta kuda. Membaca koran adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan sumber informasi dan hiburan.

Pada masa kini, kita bahkan sudah dapat menyeberang ke negara lain dengan menggunakan pesawat supersonik. Kita juga bisa mendapatkan berita dari internet, sesuatu yang tidak pernah terbayangkan pada 100 tahun lalu.

Namun, tidak semua benda tersebut berubah begitu 'radikal'. Ada sejumlah perangkat kuno yang masih kita gunakan saat ini --meski fungsi dasar dan operasionalnya berubah.

Apa saja benda tersebut ini? Berikut 5 di antaranya, seperti dikutip dari Top Tenz, Rabu (7/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kloset Duduk

Inovator kloset modern, Thomas Crapper, menciptakan benda yang masih bisa dipakai hingga saat ini, meski pembuatan pertamanya dilakukan pada akhir Abad ke-19 atau pada sekitar tahun 1880.

 

3 dari 6 halaman

2. Bola Lampu Pijar

Sejak Thomas Alfa Edison menciptakan bola lampu praktis pertamanya pada tahun 1880, tidak banyak perubahan pada konstruksi perangkat ini.

Lampu itu terlihat sama, fungsinya sama dan biayanya sama samapai pada tahun 1912. Meski dinilai kurang hemat energi daripada lampu neon dan LED, tetapi lampu pijar mungkin bisa menyala lebih lama.

Kekurangan dari lampu ini adalah bola lampu yang lebih tua sering menggunakan filamen yang lebih berat.

4 dari 6 halaman

3. Instrumen Musik

Meskipun pengenalan berbagai alat musik elektronik, seperti keyboard dan gitar listrik, instrumen musik telah mengalami sedikit perubahan pada abad terakhir.

Itulah sebabnya piano, gitar, mandolin, biola, drum, trompet, saksofon, masih melakukan hal yang sama seperti pada tahun 1912 (atau 1812).

5 dari 6 halaman

4. Buku

Banyak yang meramalkan 'kehancuran' buku sejak munculnya komputer dan perangkat canggih lainnya. Namun faktanya, tidak ada yang mampu menurunkan tingkat literasi para kutu buku.

Selain itu, Anda juga tidak bisa membuat penulis favorit Anda menandatangani e-book, Anda juga tidak bisa menggarisbawahi poin-poin penting.

Lalu, apa yang terjadi jika jaringan listrik padam? Anda kehilangan seluruh perpustakaan elektronik. Itulah sebabnya, buku yang dicetak tidak akan pernah sepenuhnya 'mati'.

6 dari 6 halaman

5. Setrika

Tidak ada cara mudah untuk membuat pakaian kusut Anda menjadi lebih rapi. Anda memiliki setrika listrik pada hari ini, daripada masa lalu yang masih dipanaskan dengan arang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini