Owen Jenkins, Dubes Baru Inggris untuk Indonesia yang Ingin Cicipi Gorengan

Oleh Afra Augesti pada 07 Agu 2019, 18:55 WIB
Diperbarui 07 Agu 2019, 18:55 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang Baru
Perbesar
Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Owen Jenkins, saat menerima surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (7/8/2019). (BPMI Setpres/Muchlis Jr.)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat kepercayaan dari 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh negara-negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Salah satu di antaranya adalah Owen Jenkins yang ditunjuk Kerajaan Inggris sebagai Duta Besar untuk Republik Indonesia dan Duta Besar non-residen untuk Republik Demokratik Timor-Leste.

Ia akan menggantikan posisi dubes sebelumnya, Moazzam Malik, untuk masa jabatan 2019 hingga 2023.

Setelah menerima surat kepercayaan dari Presiden Jokowi, dubes bernama lengkap Owen John Jenkins ini menuju kantornya, Kedutaan Besar Kerajaan Inggris, di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, untuk bertemu dengan seluruh staf di sana.

Ketika tiba di Kedubes, Owen langsung disambut para karyawan dengan antusias dan suka cita. Menariknya, Dubes Owen pun sempat mengungkapkan keinginannya untuk mencicipi gorengan khas Tanah Air.

Sebelumnya, mantan Perwakilan Khusus Perdana Menteri untuk Afghanistan dan Pakistan, dan Direktur, Asia Selatan dan Afghanistan ini sempat mengungkapkan perasaannya melalui Twitter menjelang penyerahan surat kekuasaan dari Ratu Elizabeth II untuk Presiden Jokowi.

Ia mengunggah video dan menggambarkan apa yang ia rasakan pada saat itu. Hal itu ia ucapkan dalam bahasa Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


12 Dubes Negara Sahabat

Penyerahan Surat Kepercayaan dari Dubes Baru
Perbesar
Penyerahan Surat Kepercayaan dari Dubes Baru kepada Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (7/8/2019). (Foto: Biro Setpres)

Kedua belas dubes luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) itu antara lain Mahmut Erol Kilic, Dubes Turki untuk Indonesia; Jonathan Edward Austin, Dubes Selandia Baru untuk Indonesia; dan Nebojsa Koharovic, Dubes Kroasia untuk Indonesia.

Zainal Abidin bin Bakar (Dubes LBBP Malaysia), Owen John Jenkins (Dubes Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara) dan Yasoja Gunasakera (Dubes Sosialis Demokratik Srilanka), Petar Dimitrov Andonov (Dubes Republik Bulgaria), juga memberikan surat kepercayaannya kepada Jokowi.

Selanjutnya, lansir Antara, Daniyar Sarekenov (Dubes Republik Kazakhstan), Faizullah Zaki (Dubes Republik Islam Afghanistan), dan Belmiro Jose Malate (Dubes Republik Mozambik).

Selain itu, ada Mondi Solomon Dlamini (Dubes Kerajaan Eswatini berkedudukan di Kuala Lumpur) dan Sekou Kasse (Dubes Mali berkedudukan di New Delhi).

Prosesi penerimaan surat kepercayaan duta besar luar biasa dan berkuasa oleh Jokowi diawali dengan kedatangan para dubes yang disambut bendera dan lagu kebangsaan masing-masing negara. Prosesi awal itu berlangsung di halaman depan Istana Merdeka Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya