Sukses

46 Negara Teken Perjanjian Mediasi Internasional di Singapura

Sebuah perjanjian mediasi internasional diteken oleh 46 negara di Singapura, guna meningkatkan semangat multilateralisme.

Liputan6.com, Singapura - Sebanyak 46 negara, termasuk Amerika Serikat dan China, menandatangani perjanjian internasional terbaru mengenai mediasi, yang diprakarsai Singapura pada Rabu (7/8/2019).

Menurut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, perjanjian itu merupakan pernyataan kuat dalam mendukung multilateralisme, demikian sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Perjanjian baru itu akan memungkinkan penegakan perjanjian penyelesaian yang dimediasi di antara negara-negara penandatangan.

Singapura, diwakili Menteri Dalam Negeri dan Menteri Hukum K Shanmugam, adalah penandatangan pertama Konvensi PBB tentang Perjanjian Penyelesaian Internasional yang Dihasilkan dari Mediasi, yang juga dikenal sebagai Konvensi Mediasi Singapura.

Lebih dari 1.500 delegasi dari seluruh dunia menghadiri Upacara dan Konferensi Penandatanganan Konvensi Singapura, yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Hukum Singapura dan Komisi PBB untuk Hukum Perdagangan Internasional.

Berbicara pada acara yang diadakan di Shangri-La Hotel, PM Lee mengatakan bahwa perjanjian itu, yang ia sebut sebagai "terobosan", menunjukkan bahwa negara-negara di dunia mampu mencapai konsensus dengan upaya, kreativitas dan kepemimpinan.

"Konvensi Singapura juga merupakan pernyataan yang kuat dalam mendukung multilateralisme," kata Lee, menambahkan bahwa perjanjian itu akan membantu memajukan perdagangan internasional, perdagangan dan investasi pada saat multilateralisme berada di bawah tekanan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Ketiga yang Hilang

PM Lee menyebut Konvensi Singapura sebagai "bagian ketiga yang hilang" dalam kerangka kerja penegakan resolusi perselisihan internasional, yang ditegakkan melalui Konvensi New York.

Penandatanganan Konvensi Singapura menandai dimulainya komitmen jangka panjang oleh Negeri Singa untuk mempromosikan hasil pertemuan terkait, dan memastikan penerapannya berjalan sesuai rancangan, kata Lee.

Konvensi Singapura diadopsi oleh Majelis Umum PBB Desember lalu. Lebih dari 100 delegasi, termasuk perwakilan negara dan pakar teknis, mengerjakan materi konvensi tersebut antara 2015 dan 2018.

"Perselisihan komersial yang panjang dapat 'sangat mengganggu' operasional bisnis, merusak reputasi, melukai harga saham dan mempersulit perusahaan untuk meningkatkan modal, dan mengurangi kepercayaan dan moral karyawan, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya," tambah Lee.

3 dari 3 halaman

Hilangnya Penyelesaian Sengketa

Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Hukum Stephen Mathias, yang juga menghadiri acara tersebut, mengatakan ketidakpastian seputar penegakan perjanjian pemukiman diidentifikasi sebagai hambatan utama untuk penggunaan mediasi yang lebih besar.

Menyebut perjanjian itu "inovatif", Mathias menggemakan pernyataan PM Lee, dan mengatakan bahwa apa yang hilang dalam kerangka kerja internasional adalah tentang `penyelesaian sengketa.

"Konvensi ini menetapkan mediasi sebagai jalur yang kredibel dan efektif bagi pihak-pihak komersial, tidak hanya untuk menyelesaikan perselisihan komersial, tetapi juga untuk menjaga hubungan jangka panjang mereka," katanya.

Dengan menyatukan aturan yang terkait dengan penegakan hukum, konvensi ini menyediakan mekanisme penegakan hukum yang lebih jelas dan sederhana, tambah Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura